BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Tetap Bugar Usai Karantina, Fabio Quartararo Tekad Lebih Sering Tantang Marc Marquez

02-07-2020 11:00 | Anindhya Danartikanya

Marc Marquez dan Fabio Quartararo (c) HRC
Marc Marquez dan Fabio Quartararo (c) HRC

Bola.net - Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, ingin lebih sering lagi bertarung sengit dengan Marc Marquez di MotoGP 2020. Atas alasan ini, ia tetap berlatih sangat keras meski sempat terkurung di dalam rumah untuk menjalani karantina mandiri akibat pandemi virus corona.

Hal ini disampaikan Quartararo dalam di sesi Instagram Live MotoGP dengan reporter Dorna Sports, Matt Dunn, pada Rabu (1/7/2020). Dalam wawancara ini, El Diablo pun mengaku sangat senang bulan Juli telah tiba, yang berarti seri perdana musim ini sudah dekat, yakni di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 17-19 Juli.

Quartararo juga bersyukur mulai pertengahan Mei lalu kebijakan karantina wilayah di Andorra dan beberapa negara Eropa lain sudah dilonggarkan, hingga ia bisa berlatih di luar rumah. Belakangan, ia bahkan sudah berlatih kardio, motocross, bahkan sempat latihan superbike di Sirkuit Paul Ricard, Le Castellet, Prancis.

1 dari 3 halaman

Naik-Turun Tangga Selama Karantina Mandiri

"Kami akhirnya tiba di bulan balapan. Saya merasa baik dan bugar, tak sabar kembali ke trek. Bulan pertama karantina sangat berat karena saya sendirian, tak bisa latihan motocross dan lainnya. Saya pun latihan di rumah, naik-turun tangga. Rasanya sulit, tapi saya belajar suatu hal. Tentu situasi ini buruk, namun saya mempelajari hal positif dari situasi negatif," ujarnya.

Meski hanya bisa berlatih kardio dengan cara lari naik-turun tangga dan lompat tali di rumah selama karantina di rumah, Quartararo mengaku cukup kaget ternyata kondisi fisiknya sangat bugar. Hal ini pun terbukti dalam latihan superbike di Paul Ricard, di mana ia menjalani ratusan lap dalam dua hari tanpa kelewat kelelahan.

"Kondisi saya bahkan lebih baik setelah karantina, karena saya tetap berlatih keras. Meski tak ada balapan, saya merasa harus bekerja keras di sisi kardio. Rasanya baik, karena melihat kalender baru, bakal sangat penting punya kondisi yang sangat bugar," ungkap pebalap asal Prancis berusia 21 tahun ini.

2 dari 3 halaman

Doyan Lari, Semua Demi Lawan Marc Marquez

Dalam sesi tersebut, Quartararo mendapatkan komentar dari rider Petronas Sprinta Racing Moto2, Jake Dixon, yang memanggilnya 'Forrest Gump' karena sangat suka berlari. Quartararo pun akhirnya menjelaskan bahwa ia sudah menempuh 94 km dalam 18 hari terakhir.

"Saya menjalani 25 km pada Kamis (25/6/2020) sendirian. Saya sebenarnya keluar rumah hanya ingin menjalani 10 km, tapi saya merasa oke dan berpikir untuk melakukan setengah jarak maraton. Nyatanya saya malah lari kejauhan dan akhirnya malah menjalani 25 km," ungkapnya.

Quartararo pun menyatakan semua latihan ini ia lakukan demi bisa kembali bertarung dengan Marquez. "Saya tak dapat kesempatan mengalahkan Marc tahun lalu, ia juga menjalani musim yang sangat baik. Kecuali Austin, hasil buruknya hanyalah finis kedua. Jadi 2019 adalah musim terbaik Marc di MotoGP. Tapi kami bekerja keras demi lebih sering bertarung dengannya tahun ini," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR