BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Terungkap, Plat Lengan Marc Marquez Patah Karena Buka Jendela

06-08-2020 18:53 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Box Repsol Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Box Repsol

Bola.net - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, membeberkan apa yang menyebabkan plat titanium yang tertanam pada tulang humerus kanan Marc Marquez patah pada Senin (3/8/2020). Kepada Diario AS, Kamis (6/8/2020), Puig menyebut plat itu patah saat Marquez mencoba membuka jendela di rumahnya di Cervera, Spanyol.

Tulang humerus kanan Marquez diketahui patah usai terjatuh keras dalam balapan MotoGP Spanyol di Jerez, Minggu (19/7/2020) lalu, dan telah dioperasi dengan sukses pada Selasa (21/7/2020) untuk menanamkan sebuah plat titanium dan 12 sekrup.

Dua hari setelah operasi, Kamis (23/7/2020) Marquez memutuskan kembali ke Jerez untuk mencoba balapan di MotoGP Andalusia. Namun, ia akhirnya memutuskan absen setelah lengannya mengalami rasa sakit, memar, dan bengkak usai ia berkendara di sesi FP3 dan FP4.

1 dari 3 halaman

Gara-Gara Buka Jendela Rumah

Marquez sempat diperkirakan bisa kembali balapan di Brno, Ceko, 7-9 Agustus. Namun, sebelum ia berangkat, Spesialis Traumatologi MotoGP, dr. Xavier Mir menemukan kerusakan pada plat Marquez hingga 8 kali juara dunia itu terpaksa kembali dioperasi pada Senin (3/8/2020) dan harus absen lagi di Brno.

"Pada Senin, Marc kembali mengalami intervensi pada humerusnya yang patah akibat kecelakaan di Jerez. Kali ini adalah kecelakaan domestik di rumah, momen saat ia membuka jendela lah yang menimbulkan masalah, lalu ditemukan adanya patahan pada platnya, mungkin stres pada area ini yang menyebabkannya," ujar Puig.

Pria asal Spanyol ini juga menegaskan bahwa keputusan Marquez untuk mencoba turun lintasan di Jerez tak berdasarkan paksaan dari siapa pun dan murni keputusan sang delapan kali juara dunia sendiri. Keputusan Marquez untuk absen juga berkat nasihat para dokter yang menanganinya.

2 dari 3 halaman

Kecelakaan Domestik Bisa Terjadi

"Marc absen dari balapan di Jerez berdasarkan nasihat dokter. Tim dokter sendiri tak menyangka plat ini bisa patah, dan Marc memutuskan untuk mencoba balapan di Jerez dan Honda menyediakan motornya. Jika tahu begini, ia pasti takkan mencoba dan Honda takkan menyediakan motor untuknya," lanjut Puig.

"Hal macam ini bisa terjadi, tapi begitulah keadaannya. Positifnya, peristiwa ini terjadi di rumah, bukan di Brno atau Austria, atau saat ia di atas motor, karena konsekuensinya bisa lebih buruk. Mulai sekarang, Marc memasuki masa pemulihan, dan waktu akan menjawab kapan ia siap kembali naik motor," pungkasnya.

Kecelakaan domestik di rumah memang kerap dialami para rider MotoGP. Beberapa tahun lalu, Valentino Rossi sempat mengalami cedera saat membenahi gorden rumahnya, dan Cal Crutchlow sempat mengalami luka saat memotong keju di rumah. Ada-ada saja ya, Bolaneters...

3 dari 3 halaman

Video: Tiga Rider Yamaha Kuasai MotoGP Andalusia, Fabio Quartararo Menang Lagi

KOMENTAR