BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Tertinggal 71 Poin, Miguel Oliveira Masih Pantang Menyerah Juarai MotoGP 2021

27-07-2021 15:48 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira (c) AP Photo
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira (c) AP Photo

Bola.net - Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira, menegaskan dirinya belum mau menyerah dalam membidik gelar dunia MotoGP 2021, meski kini ia tengah tertinggal 71 poin dari Fabio Quartararo yang ada di puncak klasemen. Hal ini ia sampaikan via Motorsport Total pada Kamis (22/7/2021).

Usai tampil gemilang sepanjang 2020, KTM secara mengejutkan tampil terpuruk dalam lima seri perdana musim ini. Keempat pembalapnya sulit masuk 10 besar. Namun, sejak mereka menyediakan sasis baru bagi Oliveira dan Binder di Mugello, Italia, performa keduanya melejit dalam sekejap, terutama Oliveira.

Dengan sasis itu, Oliveira langsung finis kedua dan kembali naik podium di Mugello, disusul dengan kemenangan di Catalunya, Spanyol, dan finis kedua lagi di Sachsenring, Jerman. Dalam pekan balap Assen, Belanda, ia finis kelima, namun menunjukkan performa yang sangat menjanjikan sepanjang pekan balap.

1 dari 3 halaman

Sebelum Bendera Finis Berkibar di Valencia...

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira (c) AP Photo
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira (c) AP Photo

Dengan hasil apik dalam empat seri terakhir tersebut, Oliveira pun naik ke peringkat ketujuh pada klasemen pembalap dengan koleksi 85 poin. Dengan 10 seri tersisa musim ini, tentu masih ada 250 poin yang bisa diraih siapa pun, dan pembalap Portugal tersebut belum mau menyerah untuk menjegal langkah Quartararo.

"Sebelum bendera finis dikibarkan di Valencia, masih ada banyak poin yang bisa dimenangkan oleh semua pembalap. Saya sendiri hanya ingin fokus meraih poin sebanyak-banyaknya. Pendekatan saya di tiap balapan tak berubah," ungkap pembalap yang juga runner up Moto3 2015 dan Moto2 2018 ini.

Paruh kedua MotoGP 2021 pun dimulai dengan dua balapan kandang bagi KTM, yakni Seri Styria dan Austria yang digelar di Red Bull Ring pada 6-8 dan 13-15 Agustus. Oliveira pun memenangi Seri Styria tahun lalu, dan sudah pasti punya motivasi tinggi demi menyabet kemenangan ganda di sana sekaligus menambah koleksi poin.

2 dari 3 halaman

Buktikan Juga Layak Dapat Kontrak Jangka Panjang

Miguel Oliveira dan Brad Binder (c) KTM/MotoGP.com
Miguel Oliveira dan Brad Binder (c) KTM/MotoGP.com

"Saya tak bisa berbuat lebih daripada mengeluarkan seluruh potensi. Untuk seri-seri yang akan datang, saya harap bisa menang lagi. Tapi pasti akan ada hari di mana kami hanya bisa finis kelima. Jadi, jika ada sesuatu terjadi di depan, kami harus ada pada momen yang tepat. Namun, yang penting kami harus tetap tenang dan bekerja dengan fokus," tutur Oliveira.

Pembalap berusia 26 tahun ini juga menyatakan performa pada paruh kedua musim ini bakal krusial bagi masa depannya. Meski menegaskan dirinya punya kontrak dengan KTM untuk 2022, ia juga ingin membuktikan bahwa ia juga layak dapat kontrak jangka panjang seperti sang tandem, Brad Binder.

Seperti yang diketahui, pada Juni lalu, Binder diumumkan dapat kontrak baru sampai 2024 dari KTM. "Target saya pada paruh kedua musim ini adalah meraih hasil maksimal, namun juga penting bagi saya untuk terus belajar, baik untuk masa depan saya maupun untuk pemahaman saya pada motor," tutup Oliveira.

Sumber: Motorsport Total

3 dari 3 halaman

Video: Formula 1 Rilis Desain Mobil Terbaru untuk Musim 2022

KOMENTAR