Tersanjung, Danilo Petrucci Serius Pertimbangkan Pindah ke Reli Dakar Bareng KTM

Anindhya Danartikanya | 13 Agustus 2021, 12:43
Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Rob Gray (Polarity Photo)
Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Rob Gray (Polarity Photo)

Bola.net - Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci, membenarkan bahwa KTM telah memberikan tawaran untuk banting setir dari MotoGP ke Reli Dakar pada 2022 mendatang. Kepada Crash.net, Kamis (12/8/2021), ia pun mengaku sangat senang atas tawaran ini, dan sedang mempertimbangkannya secara serius.


Petrucci menyatakan tawaran ini disodorkan oleh CEO KTM, Stefan Pierer; CSO KTM, Hubert Trunkenpolz; dan General Manager KTM, Heinz Kinigadner, pada Sabtu (7/8/2021) malam di Seri Styria, hanya beberapa jam usai pengumuman bahwa Raul Fernandez akan menggantikan Petrucci dan Iker Lecuona di Tech 3 pada 2022.

Cara KTM mengumumkan kontrak Fernandez itu sempat dikecam Petrucci sendiri dan juga Lecuona, karena dilakukan mendadak, yakni saat mereka sedang turun di sesi FP4 dan bahkan tak pernah ada konfirmasi bahwa keduanya didepak. Langkah KTM ini diduga untuk menghalangi niatan Yamaha membeli kontrak Fernandez.

1 dari 2 halaman

Sudah Diskusi Serius dengan KTM

Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Rob Gray (Polarity Photo)

Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Rob Gray (Polarity Photo)

Petrucci sendiri kemungkinan takkan bertahan di MotoGP, juga dapat tawaran membela Ducati di WorldSBK. Namun, salah satu cita-citanya adalah berkompetisi di Reli Dakar. Ia bahkan sempat ikut Reli Sardinia pada Desember 2020, dan impian 'Petrux' ini disambut baik oleh KTM, sang penguasa Reli Dakar secara beruntun pada 2001-2019.

"Tawaran itu memang benar. Saya rasa itu ide Tuan Pierer, dan ia menyodorkan proposal itu pada Sabtu malam. Saya pikir ia bercanda, ternyata tidak, karena kami langsung bicara dengan Tuan Trunkenpolz dan Tuan Kinigadner. Dua hari lalu, Pit Beirer (Direktur KTM Motorsport) menelepon saya dan mengulang apa yang mereka katakan," ujarnya.

Petrucci menyatakan, pindah ke ajang enduro, terutama Reli Dakar, memang opsi yang sangat nyata untuk kelanjutan kariernya di dunia balap motor. KTM pun bertekad menjadikan 2022 sebagai 'sesi latihan' baginya, di mana ia akan diturunkan di beberapa ajang reli lain, sebelum akhirnya benar-benar turun di Reli Dakar 2023.

2 dari 2 halaman

Opsi Nyata demi Kelanjutan Karier di Dunia Balap Motor

"Jadi, ini sebuah opsi dan saya sedang berpikir. Saya memang selalu ingin balapan di sana. Pit bilang, KTM siap untuk 2022, namun mereka akan mengirim saya ke sana untuk melihat panorama dan lanskapnya tahun depan, karena cukup berbahaya jika saya langsung balapan di sana untuk meraih hasil baik," kisah Petrucci.

"Saya akan punya waktu setahun untuk latihan dan ikut beberapa ajang reli. Setelahnya, mulai 2023, mungkin saya bakal lebih kompetitif. Saya sangat senang mengetahui ini, dan ini salah satu opsi untuk masa depan saya. Tentu saya sangat ingin berterima kasih pada mereka atas tawaran ini," pungkas pembalap Italia berusia 30 tahun ini.

Petrucci menjalani debut MotoGP pada 2012, pernah membela Ioda Racing, Pramac Racing, Ducati Team, dan Tech 3 KTM. Sepanjang kariernya, ia sukses meraih sembilan podium dan dua kemenangan, yang seluruhnya ia raih bersama Ducati. Pierer pun menyatakan, Petrucci akan turun di Reli Dakar 2023 dengan label 'Tech 3'.

Sumber: Crashnet

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR