BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Terpuruk di Portimao, Alex Rins Kaget Bisa Duduki Peringkat 3 MotoGP 2020

25-11-2020 08:35 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki

Bola.net - Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, memang kecewa gagal jadi runner up MotoGP 2020. Namun, usai hanya finis ke-15 di Portimao, Portugal, Minggu (22/11/2020) lalu, ia juga tak mengira bakal mengakhiri musim di peringkat 3, apalagi saat melihat Pol Espargaro bertarung di depan. Hal ini ia sampaikan via Autosport, Selasa (24/11/2020).

Menjelang balapan di Portimao, Rins memang duduk di peringkat yang sama, hanya tertinggal 4 poin dari Franco Morbidelli di peringkat 2. Selain itu, jika ia dan Joan Mir berhasil finis di depan seluruh pembalap Ducati, maka mereka bisa merebut gelar dunia konstruktor untuk Suzuki dan meraih gelar Triple Crown untuk pertama kali.

Sayangnya, target ini gagal total. Mir gagal finis akibat masalah elektronik, sementara Rins harus puas finis ke-15 dan hanya meraup 1 poin, usai memilih ban depan medium dan ban belakang keras asimetris. Alhasil, Suzuki harus kalah dari Ducati dalam perebutan gelar konstruktor, sementara Rins gagal jadi runner up.

1 dari 3 halaman

Baru Tahu Hasilnya Saat Kembali ke Garasi

Meski begitu, Rins mengaku senang atas jalannya musim ini, apalagi jika mengingat ia sempat dirundung cedera bahu akibat kecelakaan di Seri Spanyol. Meski kesakitan, Rins mampu bangkit pada pertengahan musim, dimulai dari podiumnya di Catalunya, dilanjut dengan kemenangan di Aragon, dan dua podium tambahan di Teruel dan Eropa.

"Saya puas atas jalannya musim ini, usai performa naik-turun pada awal musim. Sangat disayangkan kami tak bisa merebut gelar dunia konstruktor dan peringkat runner up pada balapan terakhir karena tak memilih ban yang tepat. Awalnya saya tampil baik, tapi usai beberapa lap saya kesulitan di tikungan kiri," ujarnya.

"Saya bahkan tak menduga bisa finis di peringkat ketiga klasemen jika mengingat jalannya balap. Saat saya lihat kehilangan posisi dan Pol ada di depan, saya pikir saya bakal ada di peringkat 4 atau 5. Ini hasil yang baik, walau saya baru tahu saat kembali ke garasi," lanjut pembalap berusia 24 tahun asal Spanyol ini.

2 dari 3 halaman

Cedera Justru Bikin Makin Kuat

Rins pun menyatakan, cedera bahu yang ia alami pada awal musim justru menjadi lecutan baginya untuk bekerja lebih keras, dan langkah ini pun terbayar. Meski begitu, ia mengaku menyesali kecelakaan yang ia alami di Austria, dan Le Mans, Prancis, saat memperebutkan kemenangan.

"Saya tetap berjuang meski cedera. Saya belajar bertarung dan masa-masa buruk yang saya alami musim ini justru membuat saya jauh lebih kuat. Yang ingin saya ubah hanyalah kecelakaan yang saya alami di Le Mans dan Austria," ungkap Rins.

Rins juga diminta untuk memberikan nilai kepada perjuangannya sendiri musim ini. "Saya beri nilai 8,5 untuk musim ini, karena kami memperbaiki hasil tahun lalu (peringkat 4). Saya tak beri nilai 10 karena saya tak bisa jadi runner up," pungkasnya.

Sumber: Autosport

3 dari 3 halaman

Video: Miguel Oliveira Menangi MotoGP Portugal 2020

KOMENTAR