Termasuk Max Verstappen, Para Pembalap F1 Mendadak Pelajari Motor MotoGP Lewat Marc Marquez

Anindhya Danartikanya | 28 November 2022, 11:10
Termasuk Max Verstappen, Para Pembalap F1 Mendadak Pelajari Motor MotoGP Lewat Marc Marquez
Max Verstappen dan Sergio Perez saat menaiki motor MotoGP milik Marc Marquez. (c) Twitter/HRC_MotoGP

Bola.net - Para pembalap Honda dari berbagai ajang dunia berkumpul dalam fan event Honda Thanks Day 2022 di Sirkuit Motegi, Jepang, pada 25-27 November 2022. Dalam gelaran ini, tentunya para pembalap Formula 1 dan MotoGP pun bertemu, begitu juga para pembalap dari ajang WorldSBK, trial, motocross, IndyCar, dan Super GT.

Honda Thanks Day digelar secara tahunan, tetapi ditiadakan pada 2020 dan 2021 akibat pandemi Covid-19. Edisi kali ini pun sangat meriah, dihadiri oleh 20.000 penonton, utamanya untuk merayakan dua gelar dunia yang disabet oleh Max Verstappen dan Oracle Red Bull Racing di F1 pada 2021 dan 2022.

Selain Verstappen, ada pula Sergio Perez, Pierre Gasly, dan Yuki Tsunoda hadir mewakili F1. Marc Marquez dan Takaaki Nakagami datang mewakili MotoGP, begitu juga Ai Ogura, Somkiat Chantra, Taiyo Furusato, dan bahkan rider Indonesia, Mario Aji. Xavi Vierge sendirian mewakili WorldSBK karena Iker Lecuona sedang cedera.

1 dari 2 halaman

Penasaran Soal Holeshot dan Ride Height Device

Tak hanya menyapa fans, seluruh pembalap motor dan mobil Honda juga turut serta dalam berbagai sesi acara yang unik dan seru. Beberapa sesi tersebut di antaranya parade lap oleh para pembalap, begitu juga pertunjukan seru dari para pembalap trial dan motocross. Selain itu, ada pula balapan minibike dan gokart.

Saat hendak menjalani parade lap bersama-sama, para pembalap F1 uniknya malah berkumpul di tempat motor MotoGP RC213V milik Marquez diparkir. Verstappen, Perez, dan Gasly bergantian menaiki motor tersebut, didampingi Marquez yang setia menjawab pertanyaan-pertanyaan buah rasa penasaran mereka.

Perez dan Gasly bahkan menanyakan pengoperasian holeshot device dan rear ride height device, dua perangkat ciptaan General Manager Ducati Corse, Gigi Dall'Igna, dan jadi kontroversi di MotoGP meski ditiru oleh semua pabrikan peserta. Rear ride height device bahkan bakal dilarang pemakaiannya mulai 2023.

2 dari 2 halaman

Max Verstappen Tolak Naik Motor di Lintasan

View this post on Instagram

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Sayang, Verstappen menolak menjajal motor Marquez di lintasan. Padahal, eks rider Honda, Fernando Alonso, sempat berkendara dengan Marquez di Honda Thanks Day 2016. Verstappen hanya duduk di atas RC213V saat di garasi. "Lebih sulit lompat ke atas motor daripada masuk mobil F1 ya?" tanya Marquez pada Verstappen yang langsung tertawa.

Sebelumnya, kedua pembalap ini juga menjalani momen langka, ketika ditandemkan sebagai rekan setim dalam balapan gokart pada Minggu (27/11/2022). Start kedua, Marquez langsung memimpin meski diancam oleh pembalap lain. Saat pit stop, Marquez menyerahkan kemudi kepada Verstappen yang kemudian sukses menang.

"Saya rasa Marc melakukan tugas terberat. Ia mampu terus mempertahankan posisi terdepan. Kami menerapkan strategi yang baik dengan cara memotong jalur dalam tikungan. Kami bersenang-senang. Saya beruntung punya dia sebagai tandem, karena ia sangat cepat!" ujar Verstappen di podium, usai ia dan Marquez mengalahkan Sergio Perez-Tim Gajser dan Yuki Tsunoda-Tomoyuki Ogawa.

Sumber: HRC MotoGP

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR