BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tercepat pada Hari Kedua Uji Coba Qatar, Fabio Quartararo Belum Senyaman 2019

08-03-2021 09:16 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP

Bola.net - Usai sekadar menduduki posisi 15 pada hari pertama, rider Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, mencuat ke puncak daftar catatan waktu pada hari kedua uji coba pramusim MotoGP Qatar di Sirkuit Losail pada Minggu (7/3/2021) malam waktu setempat. Ia pun mengaku lebih nyaman, walau masih ada hal-hal mengganjal.

Quartararo mencatat 1 menit 53,940 detik, jadi satu-satunya rider yang menembus 1 menit 53 detik. Ia hanya tertinggal 0,560 detik dari rekor lap Losail yang dicatat Marc Marquez dan Honda pada 2019. Namun, El Diablo tak mau jemawa karena setup motor yang ia kendarai tidaklah sama pada hari pertama.

Alhasil, Quartararo masih belum bisa penilaian nyata soal sasis terbaru Yamaha, apalagi ia juga harus menjajal swingarm baru. Seperti diketahui, kali ini MotoGP hanya menjalani uji coba di Losail, karena uji coba Sepang, Malaysia, dibatalkan. Padahal, perangkat-perangkat baru idealnya dijajal di trek-trek berbeda.

1 dari 3 halaman

Ogah Kelewat Senang Karena Situasi Bisa Mengecoh

"Hari ini perasaan saya jauh lebih baik. Masih sulit melakukan evaluasi, karena saya tak pakai paket yang sama seperti kemarin. Jadi, tak mudah memberikan komentar soal sasis 2021. Kami juga coba swingarm baru, namun rasanya kurang nyaman. Kami harus mencobanya lagi di semua kondisi," ujar Quartararo via Crash.net.

Rider berusia 21 tahun ini pun mengaku akan lebih fokus menjajal sasis dan swingarm baru pada lanjutan uji coba yang digelar pada 10-12 Maret. Namun, ia juga tak mau kelewat senang jadi yang tercepat, karena kondisinya bisa jadi mengecoh, mengingat tahun lalu sasis versi 2020 juga membuat para rider Yamaha cepat tahun lalu di Losail.

"Dalam tiga hari, kami akan mencobanya lagi. Namun, secara umum, umpan baliknya bagus, karena kami mencatat waktu yang baik dan motornya baik pula. Meski begitu, kami masih harus lihat situasi karena dengan motor 2020 kami juga cepat tahun lalu. Dua hari ini bagus untuk menganalisa data dengan para insinyur," ungkapnya.

2 dari 3 halaman

Sensasinya Belum Sama dengan Sasis Versi 2019

Quartararo juga menegaskan bahwa ia dan para insinyur Yamaha sedang berusaha keras untuk membuat sasis 2021 memiliki reaksi performa yang mirip dengan sasis versi 2019, yakni sasis yang mengantar rider Prancis ini merebut enam pole dan tujuh podium dua musim lalu.

"Motor ini rasanya masih tak sama dengan versi 2019, namun kami tengah berusaha, dan sasis 2019 memang menakjubkan. Kami ingin menuju ke arah itu, karena itu kompromi terbaik, namun sensasinya belum sama. Kami masih punya tiga hari uji coba demi memperbaikinya dan mendekati sensasi 2019," pungkasnya.

Yamaha terbaik kedua dalam daftar catatan waktu pada hari kedua uji coba pramusim Qatar adalah rider Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, yang ada di posisi keempat. Maverick Vinales ada di posisi ketujuh, sementara Valentino Rossi ada di posisi ke-20.

Sumber: Crashnet

3 dari 3 halaman

Video: Dimas Ekky Ingin Mandalika Racing Team Jadi Batu Loncatan Rider Indonesia

KOMENTAR