BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tercepat, Maverick Vinales Pede Sasis Yamaha Bakal Lebih Baik Lagi

26-11-2019 11:20 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha

Bola.net - Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, makin nyaman mengendarai YZR-M1 terbaru pada hari pertama uji coba pascamusim MotoGP Jerez, Spanyol, Senin (25/11/2019), di mana ia kembali melakukan perbandingan antara mesin dan sasis versi 2019 dan 2020.

Ia pun mencatatkan waktu tercepat dengan 1 menit 37.131 detik dan total 68 lap. Rider 24 tahun ini mengaku senang atas usaha Yamaha menambah tenaga mesin hingga dapat memperbaiki kecepatan puncak tanpa harus mengurangi kekuatan mereka pada kelincahan motor di tikungan.

Vinales mengaku terkejut merasakan rasa nyaman yang sama antara mesin 2019 dan 2020. "Ini bagusnya, perasaan saya langsung sangat mirip. Jelas motor 2019 sudah baik dan saya merasakan potensi yang sangat baik dengan motor itu, jadi kami harus pahami kekuatan motor baru," ujarnya via Crash.net.

1 dari 2 halaman

Yakin Sasis M1 Bakal Lebih Baik di Sepang

Meski begitu Vinales yakin sasis terbaru adalah perangkat terbesar yang masih harus menjadi perhatian Yamaha. Ia pun yakin performa sasis ini bakal lebih baik lagi dalam uji coba pramusim di Sepang, Malaysia, 7-9 Februari 2020.

"Saya rasa kami masih harus memperbaiki sasis, tapi ini masih prototipe pertama, jadi kami pasti akan mengalami kemajuan di Malaysia," ungkap Vinales, yang musim ini sukses meraih tujuh podium dan dua kemenangan.

Di lain sisi, Vinales juga mengaku kembali menolak permintaan Yamaha untuk menyesuaikan diri dengan swingarm karbon M1, yang pada pertengahan musim ini diyakini Valentino Rossi bisa meningkatkan grip ban belakang motor mereka.

2 dari 2 halaman

Tetap Pakai Swingarm Aluminium

Vinales sudah menjajal swingarm karbon dalam beberapa latihan pekan balap musim ini, namun tak pernah nyaman dan justru merasa lebih buruk. Atas alasan ini, ia yakin tak ada gunanya mencoba lagi dalam uji coba ini dan ia memutuskan tetap pakai swingarm aluminium musim depan.

"Di Aragon, saya hanya butuh enam lap untuk tahu balapan berjalan salah. Saya menjalani terlalu banyak lap dengan swingarm karbon dan knalpot ganda. Bagi saya sudah sangat mudah memahami perangkat ini berguna atau tidak," pungkasnya.

Vinales, yang juga mencatatkan waktu tercepat dalam uji coba pascamusim Valencia, Spanyol, pekan lalu, akan kembali turun lintasan pada hari kedua uji coba di Jerez pada Selasa (26/11/2019).

KOMENTAR

Timnas Indonesia U-22 Hajar Thailand 2-0 di SEA Games 2019