BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Tepis Isu 'Cerai', Repsol Resmi Tetap Sponsori Honda di MotoGP Sampai 2022

21-10-2020 15:42 | Anindhya Danartikanya

Repsol Honda 1995-2020 (c) HRC Repsol Honda 1995-2020 (c) HRC

Bola.net - Usai dikabarkan bakal 'bercerai' dan mengakhiri kerja sama paling legendaris di MotoGP, Repsol dan Honda Racing Corporation (HRC) resmi mengumumkan perpanjangan kontrak kolaborasi sampai 2022. Hal ini diumumkan lewat situs resmi HRC, Rabu (21/10/2020), menjelang Seri Teruel, Spanyol, akhir pekan ini.

Kerja sama ini merupakan salah satu kerja sama terunik di MotoGP, karena Repsol telah menjadi sponsor tim pabrikan HRC sejak 1995, mendukung Mick Doohan meraih empat dari dari lima gelar dunianya di GP500. Pada 1999, mereka juara bersama Alex Criville, dan kemudian di MotoGP bersama Valentino Rossi pada 2002 dan 2003.

Pada 2006, Repsol Honda kembali merebut gelar lewat Nicky Hayden, dan Casey Stoner pada 2011. Dalam tujuh musim terakhir, Repsol Honda bahkan sukses meraih enam gelar dunia MotoGP bersama Marc Marquez. Namun, akibat periode yang kelam sepanjang 2020, Repsol dan Honda sempat dikabarkan ingin berpisah.

Rumor bahwa Repsol dan Honda bakal bercerai ini mencuat pada akhir September, sepekan usai menyeruaknya kabar bahwa Red Bull memutuskan tak mau lagi menjadi sponsor utama KTM Tech 3 pada musim depan. Red Bull dikabarkan ingin beralih jadi sponsor utama tim pabrikan Honda.

1 dari 3 halaman

Sama-Sama Terpuruk Sepanjang 2020

Selain itu, kabar perpisahan ini juga muncul ketika HRC sedang terpuruk, mengingat mereka belum menang sepanjang 2020, dan menunggu lama untuk naik podium sebelum Alex Marquez akhirnya finis kedua di Le Mans, Prancis dan Aragon, Spanyol.

Absennya Marc Marquez akibat cedera patah tulang lengan pun memperburuk situasi. Di lain sisi, Repsol juga terkena dampak negatif krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19. Harga minyak terjun bebas, kerugian perusahaan mencapai nyaris 60%. Padahal, mereka menyalurkan dana USD 12-15 juta per tahun untuk HRC.

Namun, nyatanya masa sulit ini justru membuat hubungan kedua belah pihak makin erat, dan memutuskan untuk melanjutkan kerja sama sampai 2022. Berikut pernyataan resmi Yoshishige Nomura selaku Presiden HRC, dan Begona Elices Garcia selaku Direktur Eksekutif Komunikasi dan CEO Repsol.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi HRC dan Repsol

Pernyataan Yoshishige Nomura:

"Selalu menyenangkan bisa memperpanjang kerja sama kami dengan Repsol, kali ini untuk dua tahun ke depan. Bersama-sama, kami berhasil meraih kesuksesan menakjubkan dan membentuk kerja sama yang unik dalam dunia balap.

"Dengan bersatu, kami telah dan akan melampaui semua tantangan yang kami hadapi. 2020 menjadi tahun yang berat untuk dunia, tapi bersama Repsol, kami telah melanjutkan kerja keras demi menggapai target. Kini kami bersemangat melanjutkan perjalanan bersama dan menggoreskan lebih banyak sejarah di arena Grand Prix."

Pernyataan Begona Elices Garcia:

"Perpanjangan kesepakatan sebagai partner kerja sama ini, yang begitu penting bagi Repsol dan Honda di MotoGP, adalah bukti kekuatan aliansi kami, terutama dalam situasi internasional yang ada sekarang akibat pandemi virus corona.

"Bagi Repsol, faktor teknologi adalah kunci, dan asosiasi bersejarah ini telah menghadirkan begitu banyak inovasi dan kolaborasi. Bersama-sama, kami sukses meraih banyak target dalam dunia olahraga, dan kami juga membuat produk-produk kami berevolusi menjadi jauh lebih baik. Melanjutkan perjalanan yang sukses ini, demi pelayanan untuk masyarakat, adalah hal yang mendorong kami untuk meningkatkan diri dari hari ke hari."

Sumber: Honda Racing Corporation

3 dari 3 halaman

Video: Maverick Vinales Menangi MotoGP Emilia Romagna 2020

KOMENTAR