BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tekad Pertahankan Rins-Mir, Suzuki Tetap Pantau 6 Rider Moto2

17-04-2020 16:30 | Anindhya Danartikanya

Joan Mir, Davide Brivio, dan Alex Rins (c) Suzuki Joan Mir, Davide Brivio, dan Alex Rins (c) Suzuki

Bola.net - Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, telah berulang kali menyatakan pihaknya ingin mempertahankan Alex Rins dan Joan Mir pada MotoGP 2021 dan telah mencapai kesepakatan verbal. Namun, via Motorsport Total, ia mengaku tetap mengawasi enam rider menarik di Moto2.

Sejak kembali ke MotoGP pada 2015, Suzuki diketahui sangat fokus pada rider muda, dimulai dengan Maverick Vinales, yang sayangnya hengkang ke Yamaha pada 2017. Mereka pun menggaet Alex Rins sebagai penggantinya, dan pada awal 2019, ia ditandemkan dengan Joan Mir.

Meski pebalap muda belum banyak pengalaman, Suzuki yakin mereka bisa menstabilkan proses pengembangan motor. Atas alasan inilah Rins dan Mir dipertahankan. Namun, ini bukan berarti Suzuki benar-benar tutup mata pada rider-rider muda yang masih ada di Moto2.

Brivio pun mengakui ada enam pebalap yang saat ini tengah diawasi banyak tim di MotoGP, tak terkecuali Suzuki sendiri. "Saya tak harus repot mencari pebalap. Tapi saya jelas mengawasi situasi dan ada beberapa rider yang kini tengah dibicarakan banyak orang," ujarnya.

1 dari 3 halaman

Tahun Penting Bagi Luca Marini

Pebalap Sky Racing VR46, Luca Marini (c) AP Photo Pebalap Sky Racing VR46, Luca Marini (c) AP Photo

Brivio penasaran pada Jorge Martin, juara dunia Moto3 2018 yang garang bersama KTM di Moto2 tahun lalu, dan kini mengendarai Kalex. Ia juga penasaran pada Augusto Fernandez dan Lorenzo Baldassarri yang tahun lalu ikut berebut gelar dengan Alex Marquez dan Brad Binder.

"Saya sangat penasaran seperti apa sih Jorge Martin jika mengendarai Kalex? Saya juga penasaran pada Augusto Fernandez usai musim yang gemilang pada 2019. Lorenzo Baldassarri juga bisa jadi merupakan pebalap yang sudah belajar dari kesalahan-kesalahannya," ungkapnya.

Selain itu ada Enea Bastianini, yang di Qatar pada 8 Maret lalu sukses finis ketiga bersama Italtrans Racing. Ada pula adik Valentino Rossi, Luca Marini, yang sempat memimpin balapan selama 14 lap pertama, sebelum bannya aus dan akhirnya gagal finis karena tertabrak Jake Dixon.

"Pada balapan pertama, Enea Bastianini dan Luca Marini juga tampil baik, meski Luca akhirnya mengalami masalah ban. Tahun ini bakal penting bagi Luca, jadi sangat menarik melihat aksinya," tutur Brivio, mengingat Marini juga tengah diincar oleh Petronas Yamaha SRT.

2 dari 3 halaman

Bisa Jadi Masa Depan MotoGP

Pebalap Sky Racing VR46, Marco Bezzecchi (c) VR46 Pebalap Sky Racing VR46, Marco Bezzecchi (c) VR46

Brivio juga menyebutkan satu lagi anak didik Rossi di VR46 Riders Academy. "Selain itu, ada Marco Bezzecchi. Di Moto3 2018, ia bertarung sengit dengan Martin sampai akhir, tapi kesulitan dengan KTM tahun lalu. Kini kita harus lihat bagaimana performanya di atas Kalex," ungkapnya.

Pria Italia ini tak berhenti di situ. Menurutnya, masih ada banyak lagi rider yang menarik di Moto2. "Yang jelas, tak sedikit rider Moto2 yang menarik. Selain itu, akan segera ada perubahan generasi, yang sudah kami duga saat kami memulai strategi ini dengan Alex dan Joan," ujarnya.

"Akan ada pergantian besar-besaran 2-3 tahun lagi, dan para rider Moto2 ini bisa jadi masa depan MotoGP. Jadi mereka kini punya kesempatan untuk unjuk gigi dan meraih tempat," tutup Brivio, mengingat Rossi, Andrea Dovizioso, dan Cal Crutchlow, yang diprediksi bakal pensiun dalam waktu dekat.

3 dari 3 halaman

Video: Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia 2021 di Mandalika

KOMENTAR