Tech 3 KTM Resmi Jadi GASGAS Factory Team, Naungi Pol Espargaro di MotoGP 2023

Anindhya Danartikanya | 19 Agustus 2022, 18:02
Test rider GASGAS, Mika Kallio (c) GASGAS
Test rider GASGAS, Mika Kallio (c) GASGAS

Bola.net - Pierer Mobility resmi mengumumkan bahwa Tech 3 KTM Factory Racing akan berubah menjadi GASGAS Factory Team di MotoGP 2023. Tim asal Prancis ini juga akan kembali menyambut eks rider mereka yang juga eks rider KTM, Pol Espargaro. Meski begitu, pembalap kedua belum ditentukan.

Bukan rahasia lagi bahwa CEO Pierer Mobility, Stefan Pierer, ingin GASGAS berlaga di MotoGP. Keinginan ini bahkan sudah ia nyatakan pada Januari lalu, saat meresmikan kolaborasi GASGAS dan Aspar Team di Moto2, menurunkan Jake Dixon dan Albert Arenas.

Sebagai catatan, GASGAS adalah pabrikan Spanyol yang diakuisisi KTM mulai 2019. Mereka menjalani debut di Moto3 bersama Aspar Team pada 2021 dan saat ini menaungi Sergio Garcia dan Izan Guevara. Kerja sama ini akhirnya melebar ke Moto2 musim ini.

1 dari 2 halaman

Kembalinya Sang Anak Emas

Pembalap GASGAS MotoGP Team pada 2023, Pol Espargaro (c) GASGAS

Pembalap GASGAS MotoGP Team pada 2023, Pol Espargaro (c) GASGAS

Menurut regulasi, Pierer Mobility yang menaungi KTM, GASGAS, dan Husqvarna bisa menurunkan satu tim lagi bernama dengan mesin KTM RC16 pakai 'warna' lain di MotoGP. Syaratnya, mesin ini wajib bersifat prototipe, tak boleh merupakan mesin superbike yang dimodifikasi, dan tak boleh diperjualbelikan di pasaran.

Dengan begitu semua komponen dan struktur motor GASGAS yang dipakai Tech 3 harus identik dengan motor KTM RC16. Hak konsesi juga takkan diberlakukan, karena motor yang dipakai GASGAS nantinya tetap diklasifikasikan sebagai KTM, yang notabene sudah kehilangan hak-hak konsesi pada akhir 2020 lalu.

Soal pembalap, Tech 3/GASGAS akan kembali menaungi Espargaro, rider yang pernah membela mereka saat mereka masih menjadi tim satelit Yamaha pada 2014-2016. Espargaro juga merupakan mantan anak emas KTM lewat Red Bull KTM Factory Racing pada 2017-2020.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Resmi GASGAS

GASGAS MotoGP Team (c) GASGAS

GASGAS MotoGP Team (c) GASGAS

"Mulai 2023, merek motor ikonik asal Spanyol, GASGAS, akan bergabung dengan MotoGP untuk pertama kali bersama Tech 3 Factory Team yang berubah menjadi merah. Kru pemenang ini akan dilengkapi oleh teknologi GASGAS MotoGP dan akan menggunakan mesin di tangan Pol Espargaro, dengan pembalap kedua akan dikonfirmasi segera."

"GASGAS ingin membawa suasana muda, segar, dan penuh semangat mereka ke panggung tertinggi yang berarti mengubah obyektif Tech 3 Factory Racing pada 2023. Tim ini, bersama Pol Espargaro, akan menjadi anggota baru keluarga GASGAS. Rider berusia 31 tahun itu akan terikat dengan budaya Iberia GASGAS dalam kiprah perdana mereka di MotoGP.

"Corak merah dan putih akan melaju lebih cepat dari sebelum-sebelumnya berkat proyek baru GASGAS MotoGP. Pabrikan ini akan menjadi pabrikan keenam di MotoGP pada 2023, tetapi sudah didukung dengan kemenangan dan podium Grand Prix di Moto3 dan Moto2 pada dua musim terakhir berkat GASGAS Aspar Team."

Sumber: GASGAS

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR