BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tech 3 KTM Janji Bikin Danilo Petrucci Bahagia Agar Bisa Cepat

18-01-2021 11:38 | Anindhya Danartikanya

Danilo Petrucci (c) Twitter/Ducati Corse Danilo Petrucci (c) Twitter/Ducati Corse

Bola.net - Manajer Tim KTM Tech 3 Factory Racing, Herve Poncharal, berjanji membuat Danilo Petrucci nyaman dan bahagia membela timnya di MotoGP 2021. Menurutnya, pembalap yang bahagia, biasanya juga merupakan pembalap yang bisa melaju cepat. Kepada Speedweek, Jumat (15/1/2021), Poncharal pun mengaku percaya pada potensi Petrucci.

Petrucci digaet oleh KTM dan Tech 3 usai Pol Espargaro secara mengejutkan memilih meninggalkan Red Bull KTM Factory Racing menuju Repsol Honda. Awalnya, Petrucci santer dikabarkan akan jadi penggantinya. Namun, akhirnya ia justru diletakkan di Tech 3, menggantikan Miguel Oliveira yang justru dicomot oleh tim pabrikan.

"Saat Pol memutuskan pergi usai empat tahun, KTM syok. Tak ada yang mengiranya. Kami pun berdiskusi soal apa yang harus dilakukan. Tadinya kami diskusi apakah kami harus ambil rider muda," kisah Poncharal, mengingat timnya selama ini selalu menjadi tim junior, baik saat masih di Yamaha maupun saat sudah di KTM.

"Tapi saat itu kami sudah punya Brad (Binder) dan Iker (Lecuona), yang belum diketahui bagaimana performanya. Miguel juga dianggap masih 'baru' karena cedera sejak Agustus 2019 (usai tertabrak Johann Zarco di Silverstone). Jadi, memang lebih baik menggantikan Pol dengan rider berpengalaman," lanjut pria asal Prancis ini.

1 dari 3 halaman

Bukan Lagi Tim Junior

Manajer Tim Red Bull KTM Tech 3, Herve Poncharal (c) KTM/Gold and Goose Manajer Tim Red Bull KTM Tech 3, Herve Poncharal (c) KTM/Gold and Goose

Awalnya, KTM sempat tertarik menggaet Andrea Dovizioso yang memberi sinyal tak betah di Ducati. Namun, kesepakatan batal diraih, salah satunya akibat faktor finansial. Dovizioso kabarnya meminta gaji sebesar 4 juta euro, namun Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer, menolak permintaan ini dan akhirnya melirik Petrucci.

"Pada akhirnya, KTM menggaet Danilo. Awalnya tak jelas bagaimana peletakan rider KTM di MotoGP. Namun, mereka bilang pada saya, 'Kami akan kembali duetkan dream team kami, Miguel dan Brad, untuk 2021'. Jadi, saya dapat tugas membimbing rider berusia 20 tahun dan 30 tahun," tutur Poncharal.

"Biasanya, tugas Tech 3 adalah mengembangkan dan melatih rider muda untuk tim pabrikan agar mereka bisa menunjukkan potensi mereka. Kami sudah berhasil melakukannya lewat Miguel. Tapi Pit Beirer bilang, 'Kita tak lagi punya tim junior. Kita punya empat rider pabrikan, dan mereka akan punya pondasi identik'," kisahnya.

2 dari 3 halaman

Ingin Sambut Danilo Petrucci dengan Hangat

Petrucci sendiri punya pengalaman enam tahun di Ducati, mengoleksi 10 podium dan dua kemenangan. Alhasil, Tech 3 dan KTM menaruh harapan tinggi padanya menjelang 2021. Namun, Poncharal ogah mematok target setinggi langit pada 'Petrux'. Menurutnya, yang terpenting adalah membuatnya nyaman dulu bekerja dengan tim baru.

"Tak masuk akal memprediksi kiprah Danilo sekarang. Kami harus lihat bagaimana perasaannya di atas KTM lebih dulu. Ia sendiri sangat kaget melihat dukungan yang sudah ia terima dari KTM. Ia sudah ikut uji coba di terowongan angin, dan merasa sangat senang atas situasinya," ungkap Poncharal.

"Saya suka Danilo dan hubungan saya dengan para rider saya sangatlah baik. Kami akan lakukan segalanya agar ia senang. Itulah target kami dan KTM. Kami ingin tunjukkan bahwa ia benar-benar disambut hangat dan ia bisa mendapatkan teknologi terbaik. Pembalap yang bahagia biasanya juga pembalap yang cepat," tutupnya.

Sumber: Speedweek

3 dari 3 halaman

Video: Deretan Momen MotoGP Catalunya, Quartararo Menang dan Rossi Jatuh

KOMENTAR