BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

'Tech 3 Batal Gaet Brad Binder Gara-Gara Johann Zarco'

23-12-2019 10:20 | Anindhya Danartikanya

Johann Zarco (c) KTM Johann Zarco (c) KTM

Bola.net - Manajer Tim Red Bull KTM Tech 3, Herve Poncharal, iba melihat Johann Zarco, yang masa depannya sempat terkatung-katung. Meski begitu, lewat Speedweek, ia tak bisa menutupi rasa jengkel karena hengkangnya Zarco dari KTM justru mengacaukan rencana timnya di MotoGP 2020.

Uniknya, Poncharal pernah menaungi Zarco pada 2017 dan 2018, saat timnya masih bernama Monster Yamaha Tech 3. Di atas motor YZR-M1 yang selalu satu tahun lebih tua dibanding motor tim pabrikan Yamaha, Zarco sukses meraih total empat pole dan enam podium untuk Tech 3.

"Kami menjalani dua musim yang baik dengannya. Saya bersyukur atas masa-masa itu. Kami menjalani banyak momen hebat. Ia mengalahkan para rider pabrikan dengan motor lama, sebagai debutan, dan itu fantastis. Saya takkan lupa prestasi yang ia raih untuk tim kami," ujarnya.

1 dari 2 halaman

Padahal Tunggu Kolaborasi dengan Brad Binder

Pebalap Red Bull KTM Ajo, Brad Binder (c) KTM Pebalap Red Bull KTM Ajo, Brad Binder (c) KTM

Meski begitu, Poncharal mengaku sulit memahami mengapa Zarco sangat sulit beradaptasi dengan KTM. Menurutnya, rider Prancis itu bahkan sudah menyerah sejak pertama kali mengendarai RC16 di uji coba Valencia pada 2018. Poncharal yakin cara kerja Zarco tak tepat.

Saking sulitnya, Zarco meminta KTM untuk memutuskan kontraknya lebih awal, hingga KTM meminta Brad Binder untuk menjadi penggantinya di tim pabrikan. Padahal, tadinya Binder sudah teken kontrak untuk membela Tech 3 pada 2020. Poncharal pun merasa kesal.

"Secara pribadi, saya tak ada masalah dengan Johann. Tapi ia memutus kontrak di tengah jalan, membuat Brad batal ke Tech 3. Padahal kerja bareng Brad bakal jadi pekerjaan yang menarik. Saya sangat mengagumi talenta Brad, dan saya sangat menanti kolaborasi kami," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Juga Bikin Miguel Oliveira Cedera

Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira (c) KTM Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira (c) KTM

Tak hanya kesal karena Zarco membuat Binder batal ke Tech 3, Poncharal juga jengkel karena Zarco menabrak Miguel Oliveira di Silverstone, Inggris. Akibat tabrakan itu, Oliveira mengalami kerusakan ligamen bahu kanan, yang membutuhkan operasi dan masa pemulihan yang lama.

"Johann menabrak dan membuat Miguel cedera dalam perebutan posisi 10 di Silverstone. Padahal kala itu sangat kuat. Sebelum Silverstone, Miguel finis kedelapan (di Austria). Usai cedera bahu di Inggris, musim Miguel pun berakhir," pungkas Poncharal.

Sebagai pengganti Binder, Poncharal pun mendesak KTM untuk menggaet rider Spanyol berusia 19 tahun dari Moto2, Iker Lecuona. Lecuona sudah menjalani debut MotoGP di Valencia pada November lalu, menggantikan Oliveira yang absen untuk menjalani operasi.

KOMENTAR

Triplematch Shopee Liga 1 2020 di Indosiar