Tavullia, 'Kota Suci' bagi Penggemar Valentino Rossi

Anindhya Danartikanya | 12 Mei 2020, 10:40
Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha
Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - Jika mendengar 'Tavullia', penggemar MotoGP pasti langsung mengaitkannya dengan sang sembilan kali juara dunia, Valentino Rossi. Ya, Tavullia adalah sebuah kota kecil di provinsi Pesaro e Urbino di Italia, kota di mana Rossi tinggal selama ini.


Berkat performa, prestasi, dan karisma Rossi di MotoGP, pamor Tavullia sebagai kota pariwisata kian melambung. Bagaimana tidak? Di sanalah markas fanclub Rossi terletak, dan di sana pula tempat Rossi berlatih bersama VR46 Riders Academy di trek pribadinya, Motor Ranch.

Tavullia juga terhitung mudah diakses oleh Popolo Giallo, karena hanya butuh 15 menit perjalanan dengan mobil atau motor dari Misano World Circuit Marco Simoncelli, yakni sirkuit kandang sesungguhnya bagi Rossi dan sang ayah, Graziano Rossi.

1 dari 5 halaman

Penduduk yang Setia

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

Ketika memasuki Tavullia, Anda akan 'disambut' dengan rambu-rambu lalu lintas dengan nomor 46, mengingat batas maksimal kecepatan di area tersebut adalah 46 km/jam.

Sesuai dengan warna kebanggaan Rossi, tembok bangunan-bangunan di Tavullia kebanyakan juga dicat dengan warna kuning. Tak sedikit pula bendera kuning dengan nomor balap dan logo Rossi berkibar di rumah-rumah penduduk seolah itu adalah bendera nasional negara mereka.

2 dari 5 halaman

Masa Kelam Rossi

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

Walau diisi oleh penduduk yang setia mendukung dalam susah maupun senang, Tavullia ternyata pernah menyimpan masa kelam bagi Rossi. Seiring kariernya yang melejit, Rossi mengaku kehidupan pribadinya sangat terusik. Atas alasan ini ia sempat memutuskan tinggal di London, Inggris, pada 2000-2005.

Meski begitu, pada 2006, Rossi akhirnya memutuskan untuk kembali tinggal di Tavullia, dan mulai lebih intensif berlatih dengan para rider Italia lainnya, termasuk Marco Simoncelli. Mendiang Simoncelli lah yang memotivasi Rossi untuk membentuk VR46 Riders Academy pada 2013, yang akhirnya diluncurkan secara resmi pada 2014.

3 dari 5 halaman

Motor Ranch dan Kompetisi di Dalamnya

Motor Ranch VR46 (c) Monster Energy

Untuk mendukung program pengembangan VR46 Riders Academy dan juga dirinya sendiri, Rossi akhirnya membangun lintasan dirt track pribadi yang ia namai Motor Ranch. 'The Ranch' pun punya banyak jenis lintasan flat track dan motocross dan hingga kini kerap dipakai latihan.

Yang berlatih di The Ranch bahkan tak hanya Rossi sendiri dan rider-rider VR46 Riders Academy. Setiap awal atau akhir tahun, Rossi biasanya mengundang para rivalnya di MotoGP, begitu juga rider WorldSBK, Moto2, Moto3, dan berbagai kejuaraan lain untuk datang.

Biasanya, mereka akan menggelar kompetisi balap seperti La 100km dei Campioni, Americana, dan EnduRanch. Para pemenang biasanya mendapatkan trofi dan daging asap untuk makan malam. Penggemar juga bisa menonton langsung di The Ranch, yang hasil penjualan tiketnya biasanya disumbangkan untuk kegiatan amal.

4 dari 5 halaman

Surga Bagi Penggemar Berat

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

Tavullia juga merupakan 'kota suci' bagi Popolo Giallo, mengingat di sanalah letak markas klub penggemar Rossi. Semua jenis merchandise dan berbagai memorabilia balap Rossi tersedia di sana. Rossi bahkan baru-baru ini bertekad membangun museum di sana.

Tak cuma jadi markas klub penggemar, Rossi juga membuka sebuah kedai pizza di area yang sama, dinamai 'Bar Sport Pizzeria de Rossi'. Tak hanya penggemarnya saja yang kerap menyantap hidangan di sana, melainkan juga para rival The Doctor di MotoGP.

Nah, apakah Bolaneters tertarik pergi ke Tavullia? Tulis di kolom komentar di bawah ini ya!

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR