BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tatap Operasi Ketiga, Marc Marquez Bisa Digantikan Andrea Dovizioso di MotoGP 2021

12-11-2020 16:50 | Anindhya Danartikanya

Andrea Dovizioso dan Marc Marquez (c) AP Photo Andrea Dovizioso dan Marc Marquez (c) AP Photo

Bola.net - Usai mengumumkan bakal absen dari MotoGP Valencia dan Portugal akhir musim ini, Marc Marquez kembali menjadi topik hangat di paddock. Kali ini, La Gazzetta dello Sport, mengabarkan bahwa rider Repsol Honda itu terancam menjalani operasi ketiga pada pada tulang lengan atas kanannya yang patah pada Juli lalu.

Gosip bahwa Marquez bakal menjalani operasi ketiga ini sejatinya sudah beredar sejak September, namun Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, kala itu membantah, walau membenarkan bahwa cedera Marquez ini sangat rumit dan butuh masa pemulihan yang sangat panjang.

Menurut Corsedimoto, Kamis (12/11/2020), tulang lengan Marquez diperkirakan mengalami kerusakan saraf, yang tentunya membuat karier balapnya terancam. Atas alasan ini, delapan kali juara dunia tersebut tengah mempertimbangkan untuk menjalani operasi ketiga.

1 dari 3 halaman

Sudah Konsultasi dengan Banyak Ahli

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) MotoGP.com Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) MotoGP.com

Meski terus berkonsultasi dengan Spesialis Traumatologi MotoGP dari Universitari Dexeus Barcelona, dr. Xavier Mir, Marquez juga berkonsultasi dengan beberapa spesialis ortopedi di Austria, kemungkinan besar di Red Bull Training Center di Thalgau, begitu juga dengan US Mayo Clinic, pusat rehabilitasi untuk cedera sejenis.

Jika memang harus menjalani operasi ketiga, maka pemulihan Marquez harus kembali dari nol, dan kemungkinan bakal butuh waktu sekitar enam bulan. Padahal, jika pandemi Covid-19 tak memberikan kendala lebih serius, MotoGP 2021 akan dimulai pada akhir Maret, yang berarti 4,5 bulan dari sekarang.

Puig pun dikabarkan sempat mengajukan proposal kepada Cal Crutchlow sebagai pengganti 'paruh waktu' bagi Marquez musim depan. Namun, rider Inggris yang musim depan akan digantikan Alex Marquez di LCR Honda ini, kabarnya sudah menandatangani kontrak dua musim untuk jadi test rider Yamaha.

2 dari 3 halaman

Akankah Digantikan Andrea Dovizioso

Pembalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) Ducati Pembalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) Ducati

Di lain sisi, kemungkinan absennya Marquez sepanjang 2021 mendatang juga kabarnya menjadi penyebab utama keputusan Dovizioso menolak semua tawaran menjadi test rider pabrikan mana pun di MotoGP, dengan dalih ingin vakum dari kompetisi selama setahun.

Perlu diketahui, hubungan tarik-ulur antara Dovizioso dan Honda ini sudah terjadi selama bertahun-tahun. Dovizioso pernah membela pabrikan Sayap Tunggal pada 2008-2011, di mana tiga musim terakhirnya ia habiskan sebagai pembalap Repsol Honda.

Dovizioso juga sempat melakukan negosiasi demi kembali ke Repsol Honda pada awal 2019, menggantikan Dani Pedrosa yang pensiun pada akhir 2018 lalu. Namun, kesepakatan batal diraih karena Dovizioso lebih memilih bertahan di Ducati.

Sumber: La Gazzetta dello Sport, Corsedimoto

3 dari 3 halaman

Video: Joan Mir Sukses Rebut Kemenangan di MotoGP Eropa

KOMENTAR