BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Target Honda untuk Pol Espargaro: Podium Dulu, Gelar Dunia Kemudian

05-03-2021 10:43 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Crew chief Pol Espargaro di Repsol Honda, Ramon Aurin, menegaskan bahwa pihaknya telah menentukan target nyata di MotoGP 2021. Kepada Crash.net, Kamis (4/3/2021), Aurin menyatakan bahwa Espargaro diharapkan bisa memperebutkan podium pada beberapa seri pertama, dan kemudian merebut gelar dunia.

Sejak Dani Pedrosa di Seri Valencia 2017, belum ada lagi rider kedua Repsol Honda yang mampu merebut kemenangan. Bahkan, dalam kurun tiga tahun terakhir, hanya Alex Marquez yang mampu naik podium, yakni usai finis kedua di Le Mans dan Aragon tahun lalu. 'Kutukan' ini pun diharapkan berhenti di tangan Espargaro.

Aurin sendiri menjadi crew chief di Repsol Honda sejak 2019, saat diminta mendampingi Jorge Lorenzo. Tahun lalu, ia bekerja dengan Alex Marquez. Espargaro pun jadi rider ketiga yang ia bimbing dalam kurun tiga tahun. Pria Spanyol tak memungkiri ini memang tantangan, namun juga mampu mempertajam insting kerja krunya.

1 dari 3 halaman

Harus Cocokkan Cara Kerja

"Kami sudah sering ganti pembalap selama tiga musim terakhir, namun ini memberi kami pengalaman mengubah motor dalam waktu singkat. Kami berpengalaman merakit berbagai perangkat dengan tangan untuk diadaptasikan pada posisi rider, jadi kami tak perlu menunggu perangkat baru untuk dibuat. Ini bakal jadi bantuan besar untuk adaptasi Pol," tuturnya.

Aurin juga tak memungkiri Espargaro bakal butuh waktu penyesuaian diri demi memahami cara kerja terbaik dengan timnya agar hasil balapnya juga menjanjikan. "Hal pertama yang harus kami pahami adalah cara rider menjelaskan perasaan mereka, karena tiap rider punya cara berbeda. Kami harus tahu apa yang mereka ingin ubah pada motornya," ungkapnya.

"Ini membuat hubungan mekanik dan pembalap jadi kian kuat, jadi lebih mudah bagi kami memahami kebutuhan rider. Selain itu, juga penting bagi kami untuk memahami cara membuat motor kami cocok dengan posisi berkendara pembalap. Jadi, saat Pol menjelaskan masalah di atas motor, kami bisa tahu apa yang harus kami ubah demi memenuhi keinginannya," lanjut Aurin.

2 dari 3 halaman

Pol Espargaro Bukan Debutan, Sudah Berpengalaman

Tahun 2021 juga menandai musim kedelapan Espargaro di MotoGP, dan Repsol Honda adalah tim ketiga yang pernah ia bela. Bersama Red Bull KTM Factory Racing tahun lalu, ia sukses meraih lima podium dan beberapa kali ikut memperebutkan kemenangan. Aurin pun berharap Polyccio bisa tampil lebih baik dari itu bersama Repsol Honda.

"Target kami sudah jelas: kami ingin meraih podium dalam beberapa balapan pertama, dan kemudian kami ingin memperebutkan gelar dunia. Pol bukan rider debutan. Ia rider yang sudah punya banyak pengalaman di MotoGP dan Honda adalah motor pemenang. Jadi, tentu kami harus tampil ngotot demi merebut gelar dunia," pungkasnya.

Aurin akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim di Sirkuit Losail, Qatar, pada 6-7 dan 10-12 Maret, yang bakal dilanjutkan dengan dua pekan balap beruntun di trek yang sama pada 26-28 Maret dan 2-4 April mendatang.

Sumber: Crashnet

3 dari 3 halaman

Video: Gaya Rambut Valentino Rossi dari Masa ke Masa

KOMENTAR