BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tanggapi Kritik Rossi-Quartararo, Yamaha Turunkan Lorenzo di Uji Coba Portimao

12-09-2020 00:11 | Anindhya Danartikanya

Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) MotoGP.com Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) MotoGP.com

Bola.net - Direktur Tim Monster Energy Yamaha, Massimo Meregalli, menyatakan bahwa Yamaha Motor Racing akhirnya memutuskan untuk kembali menurunkan sang test rider, Jorge Lorenzo, dalam sebuah uji coba, tepatnya dalam uji coba Michelin di Portimao, Portugal, bulan depan.

Pada Kamis (10/9/2020), di sela MotoGP San Marino di Misano, Yamaha menjadi sorotan setelah Fabio Quartararo dan Valentino Rossi mempertanyakan mengapa Yamaha tak pernah lagi menurunkan Lorenzo dalam uji coba sejak masa pramusim di Sepang, Malaysia, awal Februari lalu.

Sebagai tiga kali juara dunia MotoGP dan dikenal sangat cocok dengan YZR-M1, Lorenzo sejatinya ditunggu-tunggu oleh rider Yamaha lain. Program uji cobanya pun dibekukan begitu saja oleh Yamaha sejak pandemi virus corona menyeruak. Tapi usai paddock MotoGP mulai beraktivitas, Yamaha tetap bergeming.

1 dari 3 halaman

Terhambat Akibat Covid-19

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo (c) Twitter/MotoGP Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo (c) Twitter/MotoGP

Quartararo dan Rossi pun makin geram karena Yamaha bahkan tak berinisiatif menurunkan Lorenzo dalam uji coba Misano pada 10-11 Juni lalu, ketika test rider dari pabrikan lain justru datang untuk mengumpulkan data dari lintasan yang baru di aspal ulang.

Akibatnya, Quartararo pun menyayangkan Yamaha tak punya data aktual dalam pekan balap kali ini. Rossi bahkan menuding Yamaha tak percaya pada program yang mereka buat sendiri. Namun, kepada MotoGP.com, Jumat (11/9/2020), Meregalli membeberkan alasannya.

"Alasan mengapa kami tak ikut uji coba Misano bersama test rider kami (Lorenzo) adalah, ketika pandemi terjadi, program uji coba kami di Eropa dibatalkan. Orang-orang Jepang Yamaha pun memutuskan untuk melakukan semua uji coba di Jepang. Mereka menyesuaikan jadwal sendiri," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Butuh Data di Portimao

Meski begitu, Meregalli memastikan bahwa Lorenzo akan kembali mengendarai M1 dalam uji coba Portimao pada 7-8 Oktober mendatang, yakni uji coba yang diminta Michelin untuk digelar demi mendapatkan data ban. Pasalnya, MotoGP belum pernah balapan di Portimao.

"Kini situasinya sudah berubah. dan kami akan melakukan pengecualian. Kami akan ikut uji coba di Portimao pada 7-8 Oktober, karena ini adalah trek baru dan kami tidak punya data sama sekali. Jadi, kami harus mengumpulkan data sebanyak mungkin untuk mempersiapkan diri sebelum balapan digelar di sana," tutup Meregalli.

MotoGP Portugal di Sirkuit Portimao atau Sirkuit Algarve akan digelar pada 20-22 November mendatang. Pekan balap itu akan menandai pertama kalinya MotoGP kembali ke Portugal sejak 2012, ketika mereka masih menggunakan Sirkuit Estoril.

Sumber: MotoGP

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pembalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR