Tanggapi Aleix Espargaro, Marc Marquez: Ngeluh Soal Senggolan? Beginilah Balapan

Anindhya Danartikanya | 9 Agustus 2021, 13:03
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Marc Marquez heran Aleix Espargaro mengeluhkan dua senggolan mereka di MotoGP Styria, yang digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (8/8/2021). Kepada The Race, Marquez mengakui senggolan pada balapan pertama memang merupakan salahnya sendiri, namun ogah disalahkan soal senggolan pada balapan kedua.


Dalam balapan ini, Espargaro dan Marquez masing-masing start ketujuh dan kedelapan. Mereka pun mengalami senggolan di Tikungan 1 selepas start, usai Marquez coba menyalip Espargaro di jalur dalam hingga Espargaro keluar trek. Pada akhir lap, Marquez duduk posisi ketiga dan Espargaro duduk di posisi kesembilan.

Tapi balapan dihentikan pada Lap 3 usai motor KTM Dani Pedrosa meledak di Tikungan 3 akibat tertabrak Lorenzo Savadori. Dalam perjalanan kembali ke pit, Espargaro pun tampak mengomel pada Marquez. Nahasnya, mereka kembali bersenggolan di tikungan yang sama pada balapan kedua, yang berdurasi 27 lap.

1 dari 2 halaman

Tak Pernah Keluhkan Senggolan dari Rider Lain

Aleix Espargaro dan Marc Marquez (c) Aprilia Racing, Honda Racing Corporation

Usai balap, Espargaro menyebut aksi Marquez kelewatan, namun ia lebih mengarahkan amarah kepada FIM Stewards ketimbang sang rider Repsol Honda. Espargaro mengaku sangat jengkel karena FIM Stewards anteng-anteng saja melihat manuver agresif Marquez dan tak menjatuhkan penalti. Hal inilah yang diherankan Marquez.

"Kita semua tahu Aleix. Jika mengeluhkan senggolan, ingat saja di Assen. Ia menyenggol saya di chicane terakhir dan saya nyaris jatuh. Tapi saya tak mengeluh. Di sini, dalam balapan pertama, Joan (Mir) coba menyalip saya dan kami mengalami senggolan besar, ia menyentuh saya dan saya tidak mengeluh, karena beginilah balapan," tuturnya.

Di lain sisi, Marquez mengakui insiden balapan pertama adalah kesalahannya. Namun, ia yakin insiden balapan kedua adalah salah Espargaro sendiri. Menurutnya, ia sudah berada di posisi yang tepat pada jalur dalam tikungan, namun Espargaro justru menghimpitnya dari kiri hingga ia nyaris menabrak Fabio Quartararo di sisi kanan.

2 dari 2 halaman

Balapan Kedua Salah Aleix Espargaro Sendiri

"Saya selalu coba jujur, dan memang benar kalau ada yang melakukan kesalahan pada balapan pertama, maka itu saya. Aleix melebar dan saya masuk tikungan ketika ada ruang. Alami saja jika saya melakukan itu ketika kehilangan posisi. Saya masuk, tapi tak mengira akan ada senggolan besar," ungkap delapan kali juara dunia ini.

"Tapi di balapan kedua, itu salah Aleix sendiri. Saya start lebih baik darinya. Saya sudah di posisi yang baik. Di titik pengereman, saya paralel dengannya. Namun, ia justru melepas rem dan masuk tikungan. Fabio ada di sisi dalam kami, dan kami bersenggolan. Jadi, balapan pertama salah saya, balapan kedua salah Aleix sendiri," tutup Marquez.

Marquez yang finis di posisi kedelapan dalam balapan ini, akan kembali berjumpa dengan Espargaro dalam balapan kedua di Sirkuit Red Bull Ring, yakni MotoGP Austria, yang digelar pada 13-15 Agustus mendatang.

Sumber: The Race

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR