BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Takut Covid-19 Pengaruhi WorldSBK, Jonathan Rea Ingin Segera Divaksin

22-01-2021 09:30 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea (c) Kawasaki Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea (c) Kawasaki

Bola.net - Pembalap Kawasaki Racing Team WorldSBK, Jonathan Rea, ingin segera dapat vaksin Covid-19, demi menghindari hal yang tidak-tidak dalam usahanya mempertahankan gelar dunia pada 2021. Hal ini ia sampaikan via GPOne, di sela uji coba pramusim di Jerez, Spanyol, Kamis (21/1/2021).

Rea yang mendominasi WorldSBK selama enam musim belakangan, mengaku cemas terinfeksi Covid-19, dan berharap bisa cepat-cepat dapat vaksin. Sayang, jika melihat kriteria usia dan kondisi fisiknya, Rea tak termasuk dalam golongan orang yang bakal dapat vaksin dalam waktu dekat.

Seperti diketahui, Inggris dan Irlandia Utara memprioritaskan orang-orang berusia di atas 70 tahun dan orang-orang rentan terserang Covid-19 untuk mendapatkan vaksin lebih dulu. Rea pun mencoba bersabar dapat giliran, namun ia tak memungkiri merasa sangat takut.

1 dari 3 halaman

Khawatir Saat Valentino Rossi-Lewis Hamilton Positif Covid-19

"Saya ingin dapat vaksin sesegera mungkin, dan saya harap banyak orang mengikuti langkah saya. Sayangnya, vaksin belum tersedia di negara saya. Saya dalam kondisi terbaik dalam karier saya, namun saya takut positif Covid-19 dan berisiko absen. Ini bikin saya takut," ujar Rea.

Rider 33 tahun ini pun mengaku cemas ketika mendengar kabar bahwa Valentino Rossi dan Lewis Hamilton positif Covid-19 tahun lalu. Rossi harus absen dua balapan di MotoGP, sementara Hamilton absen satu balapan tepat dua pekan usai mengunci gelar Formula 1.

"Setiap hari saya mencoba untuk sangat berhati-hati dengan perilaku saya. Tahun lalu kita lihat Vale dan Lewis harus absen balapan. Dorna Sports bisa saja menghapus hasil terburuk, seperti yang dilakukan motocross. Kita lihat saja nanti," ungkap enam kali juara dunia ini.

2 dari 3 halaman

Belum Nyaman dengan ZX-10RR Terbaru

Dalam wawancara yang sama, Rea juga membicarakan Kawasaki Ninja ZX-10RR terbaru miliknya yang akan dipakai balapan musim ini. Seperti diketahui, motor ini mengalami perubahan cukup besar, termasuk pada sektor aerodinamikanya dan penambahan tenaga mesin demi menandingi Ducati dan Honda.

Dalam uji coba Jerez tahun lalu, Rea mencatat waktu tercepat dengan 1 menit 38,324 detik, hanya 0,1 detik dari lap rekor WorldSBK. Meski motor ini makin cepat, Rea ternyata belum nyaman. Atas alasan ini ia kecewa uji coba Jerez kali ini diguyur hujan dan Kawasaki memutuskan menggantinya dengan satu hari saja pada 28 Januari.

"Kawasaki memperbaiki tiap area, tapi sensasinya berbeda dari sebelumnya. Karakter ZX-10RR masih sama seperti dulu. Perubahan radikalnya hanya pada piston dan beberapa teknis lainnya. Meski begitu, jujur saja kami tak perlu mencari satu detik lebih cepat dan ambil risiko kehilangan arah pengembangan," keluh Rea.

Sumber: GPOne

3 dari 3 halaman

Video: Juarai MotoGP 2020, Joan Mir Akhiri Puasa Gelar 20 Tahun Suzuki

KOMENTAR