BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Takkan Balapan Motor Lagi, Valentino Rossi: Hidup Saya Bakal Berubah Tahun Depan

05-08-2021 21:35 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT

Bola.net - Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, resmi mengumumkan keputusan pensiun dari MotoGP akhir musim ini. Hal ini ia sampaikan dalam sesi jumpa pers khusus di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, pada Kamis (5/8/2021) menjelang Seri Styria pada 6-8 Agustus.

Selama berkarier, Rossi tak cuma meraih sembilan gelar dunia, namun juga 235 podium, yang 115 di antaranya merupakan kemenangan. Ia pun jadi rider dengan kemenangan terbanyak kedua dalam sejarah Grand Prix, di belakang Giacomo Agostini, yang mengoleksi 122 kemenangan.

Rossi menjalani debut Grand Prix di kelas GP125 pada 1996 bersama Aprilia dan merebut gelar dunia pada 1997. Ia kemudian naik ke GP250 pada 1998 dan merebut gelar dunia lagi pada 1998. Prestasi ini membuatnya dilirik Honda untuk diturunkan di GP500 2000. Ia pun menjadi juara dunia kelas tertinggi untuk pertama kali pada 2001.

1 dari 3 halaman

Raih Sembilan Gelar Dunia

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT

Rossi pun sukses meraih enam gelar dunia tambahan di MotoGP 2002, 2003, 2004, 2005, 2008, dan 2009. Sepanjang kariernya, ia tak hanya pernah membela Aprilia dan Honda, namun juga Ducati, begitu pula Yamaha, di mana ia kini jadi ikon dan legenda pabrikan Garpu Tala.

Tak cuma prestasinya yang mentereng yang membuat Rossi dicintai banyak orang, melainkan juga karakternya yang humoris dan ceria. Ia pun dianggap sebagai 'game changer' karena membuat dunia balap motor lebih luas dicintai banyak orang di seluruh dunia, terutama lewat selebrasi-selebrasinya yang nyentrik.

Berikut pernyataan resmi Valentino Rossi yang dirilis MotoGP.com.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi Valentino Rossi

"Saya bilang bahwa saya akan ambil keputusan untuk tahun depan usai musim panas, dan saya memutuskan untuk berhenti pada akhir musim ini. Sayangnya, ini akan jadi paruh kedua musim saya sebagai pembalap MotoGP. Dan ini sulit, merupakan momen yang sangat sedih karena sulit bagi saya mengatakannya dan mengetahui bahwa tahun depan saya takkan balapan dengan motor, karena saya sudah melakukannya kurang lebih 30 tahun!

"Tahun depan hidup saya akan berubah. Namun, karier saya sangat hebat, saya sangat menikmatinya. Karier dan perjalanan ini sangat panjang dan sangat menyenangkan. Saya sudah berada di kejuaraan dunia selama 26 tahun, jadi ini menakjubkan. Saya juga punya momen-momen tak terlupakan dengan orang-orang di sekitar saya, orang-orang yang bekerja dengan saya. Saya tak punya banyak hal untuk dikatakan!"

Sumber: MotoGP

3 dari 3 halaman

Video: Fabio Quartararo Menangi MotoGP Belanda 2021

KOMENTAR