BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Takaaki Nakagami Resmi Bertahan di LCR Honda, Durasi Kontrak Dirahasiakan

22-10-2020 16:33 | Anindhya Danartikanya

Pembalap LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami (c) LCR Honda Pembalap LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami (c) LCR Honda

Bola.net - Takaaki Nakagami akhirnya resmi diumumkan tetap membela LCR Honda Idemitsu di MotoGP 2021, usai dapat perpanjangan kontrak dari Honda Racing Corporation (HRC), Kamis (22/10/2020). Uniknya, durasi kontrak Nakagami dirahasiakan, dan dinyatakan berdurasi 'beberapa tahun'.

Nakagami menjalani debut Grand Prix yang tak biasa dibanding rider lain. Ia langsung turun di Moto2 pada 2012 dalam usia 20 tahun. Sejak 2014, ia masuk dalam program junior Honda dan membela Idemitsu Honda Team Asia, dan naik ke MotoGP pada 2018 bersama LCR Honda.

Kala itu, debut Nakagami tak terlalu mulus, duduk di peringkat 20 pada klasemen pembalap. Pada 2019, ia mengalami peningkatan performa dan duduk di peringkat 13. Kini, menjelang MotoGP Teruel, ia justru duduk di peringkat 5.

1 dari 3 halaman

Bisa Dapat Motor Pabrikan

Pebalap LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami (c) LCR Honda Pebalap LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami (c) LCR Honda

Uniknya, meski memberikan gebrakan performa sepanjang 2020, Nakagami sempat jadi pusat perhatian karena tak segera dapat perpanjangan kontrak dari HRC. Namun, negosiasi akhirnya mulai dijalankan di sela pekan balap MotoGP San Marino dan Emilia Romagna pada September lalu.

Dalam rilis resminya, HRC tak menjelaskan spek RC213V apa yang akan diperoleh Nakagami. Namun, dalam pekan balap MotoGP Aragon akhir pekan lalu, rider Jepang berusia 28 tahun ini mengaku kemungkinan besar akan mendapatkan spek pabrikan seperti rider Honda lainnya.

Berikut pernyataan resmi Direktur HRC, Tetsuhiro Kuwata, dan Takaaki Nakagami.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Tetsuhiro Kuwata dan Takaaki Nakagami

Pernyataan Resmi Tetsuhiro Kuwata:

"Saya sangat senang kami bisa melanjutkan perjuangan bersama Takaaki Nakagami di kelas MotoGP musim depan dan berikutnya. Saya sangat berterima kasih kepada penggemar dan Idemitsu yang telah mendukung kariernya sampai sekarang.

"Musim ini, performa Nakagami sangat solid, finis di dalam cakupan poin di tiap balapan, dan tengah duduk di peringkat kelima di klasemen. Kehadirannya di MotoGP terus menanjak, dan kami menantikan performanya di balapan-balapan berikutnya. Ia akan bertandem dengan Alex Marquez tahun depan, dan saya harap mereka bisa mengeluarkan sisi terbaik mereka, dan memberikan hasil lebih baik daripada sebelum-sebelumnya kepada tim."

Pernyataan Resmi Takaaki Nakagami:

"Saya sangat senang bisa tetap balapan bersama LCR Honda Idemitsu pada 2021 dan setelahnya. Saya berterima kasih kepada Honda atas dukungan besar mereka, membantu saya mengeluarkan potensi terbesar saya musim ini.

"Saya akan bekerja sebaik mungkin demi meraih hasil yang solid pada balapan-balapan terakhir, dan membangun momentum untuk musim depan. Saya mematok target tinggi bersama Honda. Saya pun menantikan dukungan-dukungan mereka selanjutnya."

Sumber: Honda Racing Corporation/Honda Global

3 dari 3 halaman

Video: Alex Rins Menangi MotoGP Aragon 2020

KOMENTAR