BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Takaaki Nakagami, Kandidat Juara MotoGP yang Belum Juga Naik Podium

14-10-2020 10:39 | Anindhya Danartikanya

Pembalap LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami (c) Facebook/LCR Honda Pembalap LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami (c) Facebook/LCR Honda

Bola.net - Sekali lagi, Takaaki Nakagami menunjukkan bahwa ia salah satu pembalap paling konsisten di MotoGP 2020, usai berhasil finis di posisi 7 dalam balapan di Le Mans, Prancis, Minggu (11/10/2020). Hasil ini pun membuat rider LCR Honda Idemitsu tersebut jadi salah satu dari dua rider yang selalu finis, selain Alex Marquez.

Dalam balapan ini, Nakagami start dari posisi 13. Tadinya ia sudah bertekad tampil ngotot dalam kondisi kering. Namun, hujan justru turun saat semua rider sudah siap di grid. Seluruh rider pun akhirnya kembali ke garasi, dan Nakagami berganti ke motor kedua yang memakai setup basah.

"Ini balapan yang sulit. Kami sudah siap balapan, tapi hujan turun dan balapan ditunda. Treknya benar-benar basah. Kami pun mempersiapkan setup basah pada motor kedua dan situasinya sungguh mengecoh. Untungnya kami bisa finis dalam balapan yang sulit ini, jadi saya cukup senang," ujarnya via rilis resmi tim usai balap.

1 dari 3 halaman

Ban Alami Overheating Jelang Finis

Pada lap pembuka, 'Taka' pun duduk di posisi 12, dan naik dua posisi usai menyalip Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo. Ia juga terbantu oleh jatuhnya Bradley Smith dan Alex Rins, serta masalah teknis Jack Miller. Nakagami pun sempat duduk di posisi 6, namun tersalip oleh Johann Zarco pada dua lap menjelang finis.

"Kami punya ritme yang baik, terutama pada akhir balapan. Kami kesulitan saat trek mulai mengering, tapi kami lebih cepat dan mendekati grup terdepan. Pada tiga lap terakhir, ban saya terlampau panas dan motor mengalami spin di trek lurus, hingga sulit mempertahankan posisi," lanjut rider berusia 28 tahun ini.

Dengan hasil ini, maka dari 9 balapan, Nakagami selalu masuk posisi 10 besar, dan hasil di Le Mans membuatnya duduk di peringkat 5 pada klasemen pembalap, 'hanya' tertinggal 34 poin dari Fabio Quartararo yang ada di puncak. Secara matematis, tentu ia masih ikut dalam perebutan gelar dunia musim ini.

2 dari 3 halaman

Anggap Sebagai Energi Positif

Sayangnya, meski berstatus kandidat juara, Nakagami belum juga mampu meraih podium walau saat ini ia menjadi pembalap utama Honda Racing Corporation (HRC). Ia bahkan didahului oleh Alex Marquez, yang masih berstatus debutan, namun sukses finis kedua di Le Mans.

Meski begitu, rider Jepang ini tak mau terus-terusan terlarut dalam kekecewaan, dan memilih melihat hasil ini sebagai hal positif. Kini ia fokus menatap MotoGP Aragon, Spanyol, pada 16-17 Oktober, dan kembali membidik podium, apalagi Honda terbukti bisa tampil kompetitif di sana lewat Marc Marquez.

"Sekali lagi kami masuk 10 besar. Finis ketujuh sangatlah baik dalam kondisi seperti ini dan saya berterima kasih pada tim. Performa kami tak cukup baik sepanjang pekan, tapi akhirnya kami cukup kompetitif dalam balapan. Kini kami menatap dua balapan di Aragon, dan menyenangkan ada di peringkat 5. Ini energi positif," tutupnya.

Sumber: LCR Honda

3 dari 3 halaman

Video: Momen Franco Morbidelli Raih Kemenangan Perdana di MotoGP San Marino

KOMENTAR