BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Tak Terpisahkan, Miguel Oliveira Senang Bakal Setim Lagi dengan Brad Binder di KTM

02-07-2020 14:07 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira (c) KTM
Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira (c) KTM

Bola.net - Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira, telah dipastikan membela Red Bull KTM Factory Racing di MotoGP 2021. Ini berarti ia akan kembali bertandem dengan kawan baiknya, Brad Binder. Kepada MotoGP.com, Kamis (26/6/2020), ia pun senang mendapatkan kesempatan membela tim pabrikan.

Oliveira mengaku kaget diminta membela tim pabrikan KTM pada 2021 bahkan sebelum musim 2020 bergulir. Keputusan KTM ini didorong oleh fakta Pol Espargaro akan hengkang. Meski belum ada pengumuman resmi, rider Spanyol tersebut dikabarkan merapat ke Repsol Honda untuk menjadi tandem Marc Marquez.

Oliveira pun senang bakal kembali setim dengan Binder, yang merupakan tandemnya di Red Bull KTM Ajo Moto3 pada 2015 dan Moto2 pada 2017 dan 2018. Meski kerap bertarung sengit di kelas balap yang lebih ringan sejak usia belia, kedua rider ini uniknya berteman baik di luar arena balap.

1 dari 3 halaman

Reuni dengan Tandem Lama

Miguel Oliveira dan Brad Binder di Moto2 Valencia 2017 (c) AFP
Miguel Oliveira dan Brad Binder di Moto2 Valencia 2017 (c) AFP

"Ini kejutan menyenangkan, walau rasanya aneh KTM memberi saya kesempatan ini sebelum balapan digelar. Tapi jelas saya senang bisa kembali bertandem dengan Brad tahun depan. Saya rasa kami adalah line up yang baik untuk MotoGP 2021, dan saya tak bisa lebih berbahagia dan bersyukur atas kesempatan ini," ujar Oliveira.

"Saya dan Brad punya hubungan yang sangat baik di luar trek. Kami sudah bertandem bertahun-tahun, dimulai dari Moto3, Moto2, dan tahun depan di MotoGP. Yang penting, kami punya atmosfer baik, selalu sepakat soal perubahan dan pengembangan motor. Saya pun senang bisa kembali setim dengan Brad," lanjutnya.

Rider asal Portugal ini pun mengaku awalnya mengira ia harus berupaya keras terlebih dahulu pada beberapa balapan pertama MotoGP 2020 untuk meyakinkan KTM untuk meletakkannya di tim pabrikan. Nyatanya, Oliveira mendapatkannya sebelum balapan dimulai dan kini ia bisa lebih fokus menghadapi musim ini.

2 dari 3 halaman

Bukan 'Naik' ke Tim Pabrikan, Melainkan 'Bergeser'

"Saat karantina dimulai, kita sudah mulai melihat pergerakan di 'pasar' pebalap sebelum musim dimulai, dan itu sangat aneh. Tadinya saya sangat berharap kami bisa memulai balapan dulu sebelum kami benar-benar menatap masa depan. Tapi kami memang tak bisa menunggu," tutur rider berusia 25 tahun ini.

Lalu, keuntungan apa yang akan diperoleh Oliveira sebagai rider tim pabrikan KTM tahun depan? Uniknya, rider yang juga dokter gigi ini yakin takkan ada perbedaan besar. Menurutnya, baik tim pabrikan maupun tim satelit KTM dapat dukungan teknis setara, walau mungkin opininya nanti akan lebih didengar lebih saksama oleh para insinyur.

"Saya rasa yang berubah adalah kedudukan. Kedudukan di tim pabrikan biasanya lebih dihargai ketimbang saat di tim satelit. Saya rasa inilah yang akan benar-benar berubah. Saya mau bilang bahwa saya 'naik' ke tim pabrikan, tapi nyatanya saya hanya 'bergeser', bukannya benar-benar 'naik'. Saya rasa ini hanya berarti kami akan bekerja lebih dekat dalam pengembangan motor," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Video: Gaya Rambut Valentino Rossi dari Masa ke Masa

KOMENTAR