BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

'Tak Terlalu Spesial, KymiRing Bakal Untungkan Marc Marquez'

21-08-2019 12:45 | Anindhya Danartikanya

Test rider Ducati Corse, Michele Pirro (c) MotoGP Test rider Ducati Corse, Michele Pirro (c) MotoGP

Bola.net - Test rider Ducati Corse, Michele Pirro, mengeluhkan layout dan karakter Sirkuit KymiRing yang akan menggelar MotoGP Finlandia musim depan. Dalam uji coba yang digelar pada 19-20 Agustus, Pirro dan para test rider dari lima pabrikan lainnya pun ditugaskan untuk menjajal trek tersebut.

Usai uji coba dalam kondisi hujan pada Senin (19/8/2019), para test rider memiliki pendapat yang senada. Trek ini dinilai terlalu sempit, kelewat berkelok-kelok, dan sangat lamban untuk motor MotoGP. Pirro pun mengonfirmasi hal ini pada Selasa (20/8/2019) usai menjalani uji coba dalam kondisi kering.

"Saya berkata jujur, kami harusnya bisa lebih baik dari ini. Hal yang paling saya suka dari mengendarai MotoGP adalah menggunakan semua tenaga mesinnya. Tapi, dari Tikungan 5 dan seterusnya, praktisnya hanya gigi satu dan dua yang kami pakai. Sekalinya pakai gigi 3, hanya ada satu garis balap," ujarnya via GPOne.

1 dari 2 halaman

Desain yang Tak Biasa

Sirkuit KymiRing, Finlandia (c) MotoGP Sirkuit KymiRing, Finlandia (c) MotoGP

Senada dengan Bradley Smith (Aprilia), Pirro yakin Moto3 lah yang bakal bersenang-senang di trek ini, dan sebaliknya akan dialami MotoGP. "Desainnya tak biasa, banyak titik buta, banyak naik-turun, dan masalahnya, Anda tak bisa mengeksploitasi MotoGP sama sekali. Sekalinya berakselerasi, Anda harus segera mengerem," tuturnya.

Di lain sisi, Pirro menilai karakter KymiRing mirip dengan sirkuit-sirkuit 'jadul'. Para rider bisa mencapai 350 km/jam ketika melaju di trek lurusnya, namun sayangnya harus melewati 15 tikungan dalam tiga kilometer. Sebagai catatan, KymiRing memiliki tikungan yang cukup banyak, yakni 18 tikungan, namun panjangnya 'hanya' 4,6 km.

"Saya mengharapkan sesuatu yang berbeda dari trek ini. Mereka seharusnya menciptakan tikungan yang baik, dan titik pengereman yang menantang. Saya tak melihat begitu banyak tempat untuk menyalip, hanya ada satu titik pengereman yang kuat, dan kebanyakan tikungan hanya punya satu garis balap," jelasnya.

2 dari 2 halaman

Mirip Sachsenring dan Austin

Rider Italia ini bahkan secara blak-blakan menyebut KymiRing trek yang indah, namun tak benar-benar punya kelebihan lain. Pirro bahkan menyebut tikungan-tikungannya hanya asal disambung. "Yang terbaik dari MotoGP adalah tenaga mesin, jadi desain trek harusnya memberikan hal yang seru untuk penonton," ujarnya.

Pirro juga menyatakan, karakter KymiRing yang dianggap mirip dengan Sachsenring dan Austin, akan menguntungkan pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. Marquez diketahui punya rekor fantastis di kedua trek tersebut.

"Ini adalah trek di mana Marc akan punya keuntungan. Ia bakal bisa membuat perbedaan di area-area perubahan arah dan tikungan-tikungan lambat. Untuk Ducati? Trek lurusnya sih sangat panjang, tapi hanya ada satu titik pengereman yang baik," pungkas Pirro.

Belum ada tanggal pasti kapan MotoGP Finlandia akan digelar, namun pengelola Sirkuit KymiRing memastikan mereka akan bergabung dengan kalender balap musim depan.

Sumber: GPOne

10 Pesepak Bola Muslim Berprestasi Saat Ini

KOMENTAR