BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tak Pernah Sepede Ini: Jack Miller Sebut MotoGP 2021 'Kesempatan Emas'

14-03-2021 15:28 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller (c) Ducati Corse Pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller (c) Ducati Corse

Bola.net - Meski hari kelima uji coba pramusim MotoGP Qatar, Jumat (12/3/2021), diwarnai badai pasir, Jack Miller merasa puas atas kerja kerasnya bersama tim selama empat hari turun lintasan di Sirkuit Losail. Memecahkan rekor lap Marc Marquez dari 2019, rider Ducati Lenovo Team ini jadi rider tercepat dalam daftar kombinasi catatan waktu.

Pada hari terakhir uji coba, diketahui hanya lima rider yang turun lintasan, namun mereka juga tak banyak menjalani lap. Mencatat 1 menit 53,183 detik pada hari ketiga, Miller pun jadi salah satu rider yang memutuskan duduk di garasi saja. Meski begitu, rider Australia ini yakin telah mengalami kemajuan besar dibanding dua musim terakhir.

Pada 2019 dan 2020, Miller memang jadi salah satu kuda hitam di MotoGP, walau belum pernah menang lagi sejak Seri Belanda 2016. Selama dua musim, ia total mengoleksi sembilan podium bareng Pramac Racing, dan tahun lalu berkali-kali nyaris merebut kemenangan. Ia pun yakin tahun ini adalah kesempatan emasnya untuk menggebrak.

1 dari 3 halaman

Simulasi Balap Menjanjikan, Makin Nyaman di Atas Ducati

Pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller (c) Ducati Corse Pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller (c) Ducati Corse

"Yah, kami memang punya beberapa kans besar tahun lalu, namun jelas tahun ini adalah kesempatan terbaik. Saya tak mau uji coba jadi kegemilangan sekilas, karena saya ingin mengalami kemajuan lebih jauh lagi. Namun, saya merasa siap, sesiap mungkin menjelang balapan di sini," ungkap rider berusia 26 tahun ini via Crash.net.

"Simulasi balap berjalan baik kemarin (Kamis), dan crew chief saya berencana melakukannya lagi hari ini (Jumat), yang bikin saya bersemangat," gurau Miller. "Kami sudah bekerja sangat baik, segala hal yang harus kami jajal, sudah saya coba. Apa pun yang saya mau dan butuhkan dari motor, sudah kami temukan solusinya."

Ducati sendiri menguasai Losail pada 2018 dan 2019 lewat Andrea Dovizioso. Miller tak memungkiri 'Dovi' terbantu top speed Ducati yang dikenal mumpuni, namun ia menyebut Desmosedici terbaru bisa jadi lebih mengancam karena kini juga lebih lincah di tikungan berkat kepercayaan dirinya atas pengereman ban depan.

2 dari 3 halaman

Dapat 2 'Bonus' Besar Selama Uji Coba

"Saya merasakan kepercayaan diri pada ban depan, soal cara melepas rem dan membiarkan motor saya melaju hingga punya corner speed yang baik. Saya tak pernah punya rasa percaya diri setinggi itu selama ini, terutama di tikungan-tikungan cepat seperti Tikungan 12, 13, 14, dan 15. Kini, rasanya fantastis," ungkap Miller.

"Jadi, itulah bonus terbesar saya selama uji coba di Qatar, apalagi kami benar-benar bisa mengeluarkan potensi dengan menggunakan semua bagian trek, kerb, jalur dalam, dan jalur luar. Rasanya sungguh menyenangkan, dan tentu saja punya kecepatan tinggi juga terasa baik," pungkasnya.

Usai menjalani uji coba, Miller pulang ke Andorra untuk menjalani rehat dan berbagai program latihan. Dua pekan lagi, ia pun akan kembali ke Losail untuk menjalani dua pekan balap beruntun, yakni MotoGP Qatar pada 26-28 Maret, dan MotoGP Doha pada 2-4 April.

Sumber: Crashnet

3 dari 3 halaman

Video: Gaya Nyeleneh Valentino Rossi di MotoGP

KOMENTAR