BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

'Tak Perlu ke Moto2, Jack Miller Terbukti Bisa Garang'

29-05-2020 14:55 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Pramac Racing, Jack Miller (c) Pramac Racing Pebalap Pramac Racing, Jack Miller (c) Pramac Racing

Bola.net - Eks Team Principal Repsol Honda, Livio Suppo, ikut bangga melihat Jack Miller akhirnya mewujudkan impian mendapat peluang membela tim pabrikan Ducati di MotoGP 2021. Menurutnya, ini bukti bahwa Miller tak perlu turun di Moto2 demi dapat kesempatan besar di kelas tertinggi.

Suppo adalah orang yang mendorong Miller melompat dari Moto3 ke MotoGP 2015, dengan menyakinkan Honda Racing Corporation (HRC) memberinya kontrak tiga musim dan diturunkan di tim satelit, walau sayangnya proyek itu gagal membawa Miller ke Repsol Honda pada 2017.

Suppo pun tak menyesal telah mengambil langkah berisiko itu. "Saya tak menyesal. Jika bisa membalik waktu, saya akan melakukannya lagi, karena saya tak lihat perbedaan besar antara mencari pengalaman di Moto2 dan langsung turun di MotoGP dalam usia muda," ujarnya via GPOne.

1 dari 3 halaman

Tak Boleh Main-Main Cari Pengalaman

Suppo menyatakan satu-satunya hal yang merugikan Miller hanyalah hilangnya kebiasaan bertarung di depan, hal yang ia lakukan di Moto3 2014 saat memperebutkan gelar bersama Alex Marquez. Melewatkan Moto2 membuat Miller harus belajar dari nol saat turun di MotoGP.

Namun, Suppo yakin Miller telah sukses kembali mengasah instingnya dalam bertarung. "Satu hal yang dilewatkan Jack hanyalah kebiasaan bertarung memperebutkan posisi penting. Tapi Jack sudah berpengalaman bertarung di Moto3, jadi ia sudah 'kenal' tekanan macam itu," tuturnya.

"Satu-satunya hal yang tak boleh ia lakukan adalah mencari pengalaman di MotoGP dengan cara bermain-main dalam balapan, kecuali Anda seorang fenomena seperti Marc Marquez, Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, atau Dani Pedrosa," lanjut pria Italia tersebut.

2 dari 3 halaman

Lewatkan Moto2 Tak Hambat Perkembangan

Suppo pun mengaku berharap bisa memberikan motor yang lebih baik untuk Miller semasa di Honda, namun ia yakin pengalaman di Moto2 takkan terlalu krusial bagi perjalanan karier pebalap Australia berusia 25 tahun.

Buktinya, tanpa harus turun di kelas intermediate, Miller berhasil tampil kompetitif di MotoGP sepanjang 2019 dan meraih lima podium, dan kini bahkan dapat kepercayaan membela tim pabrikan Ducati untuk musim 2021.

"Jika punya motor yang kompetitif, Jack tak harus susah payah pada tahun pertamanya. Tapi saya tetap yakin, melewatkan Moto2 tak menghambat perkembangannya. Ini terbukti dari performanya yang baik tahun lalu, dan kini ia dapat kepercayaan dari Ducati," pungkas Suppo.

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR