BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tak Mengeluh Punya Motor Lama, Kunci Performa Apik Franco Morbidelli

03-11-2020 13:08 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) SRT Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) SRT

Bola.net - Crew chief Franco Morbidelli di Petronas Yamaha SRT, Ramon Forcada, meyakini bahwa kunci penting dalam performa apik sang rider di MotoGP 2020 adalah fakta bahwa ia tak pernah mengeluh mendapatkan motor YZR-M1 versi 2019, ketika tiga rider Yamaha lainnya mendapatkan M1 spek pabrikan versi 2020.

Dengan motor lama, Morbidelli mampu mengungguli sang mentor, Valentino Rossi, bahkan sebelum The Doctor absen akibat positif Covid-19. Rider Italia berdarah Brasil itu bahkan telah meraih tiga podium yang dua di antaranya kemenangan, dan tengah jadi salah satu kandidat kuat juara dunia musim ini.

Fakta bahwa dirinya tak mendapatkan M1 versi 2020 memang bikin 'Franky' kecewa, namun bukan berarti ia mengeluh. Sejak awal, ia bahkan menegaskan bahwa ia takkan mau memusingkan hal-hal yang ada di luar kendalinya, dan ingin fokus saja memperbaiki diri sendiri. Hal ini pun diakui oleh Forcada.

1 dari 3 halaman

Beda dari Rider Yamaha Lain? Tak Masalah!

Ramon Forcada dan Franco Morbidelli (c) Twitter/SepangRacingTeam Ramon Forcada dan Franco Morbidelli (c) Twitter/SepangRacingTeam

"Ini soal mental, ini jelas. Mengingat Franco tak bisa mengubahnya, maka ia tak membiarkan hal ini memengaruhinya. Jika Anda punya motor berbeda dan motornya tak bekerja baik, masuk akal jika Anda mengeluh. Tapi jika ternyata motor itu tetap bekerja dengan baik, Anda tinggal fokus melaju cepat," ujar Forcada via Motorsport.com, Rabu (28/10/2020).

Morbidelli pun diakui Forcada tak bisa secara langsung membandingkan data dengan Rossi, Maverick Vinales, dan Fabio Quartararo. Namun, lagi-lagi ini tak dibiarkan menjadi kendala. Juara dunia Moto2 2017 itu pun tetap fokus mencari jalan sendiri untuk tampil kompetitif, walau beberapa area pada M1-nya tertinggal dari M1 terbaru.

"Jika Anda punya masalah atau keuntungan tertentu, saya tak yakin Anda bisa membandingkannya dengan para rider Yamaha yang lain. Mungkin bisa, tapi takkan 100%. Jadi, Anda harus melakukannya dengan cara Anda sendiri, dan para rider ini, terutama Franco, mengatasi situasi ini dengan cara yang sangat baik," tuturnya.

2 dari 3 halaman

Tak Pernah Salahkan Motor

Yang bikin Forcada makin kagum, Morbidelli bahkan tak pernah menjadikan motornya sebagai alasan ketika ia tampil buruk. Ia tak pernah menyalahkan motornya yang berusia setahun lebih tua dari M1 lain, dan justru fokus memperbaiki kesalahan diri sendiri.

"Franco adalah rider yang punya pengetahuan teknis yang sangat mengesankan. Saat ini, kami melakukan seribu hal berbeda dari rider Yamaha lainnya, tapi dalam situasi buruk, tak pernah sekali pun Franco berkata bahwa ia terhambat karena tak punya paket motor yang sama," pungkas eks crew chief Jorge Lorenzo dan Vinales ini.

Menjelang MotoGP Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, 6-8 November mendatang, Morbidelli tengah berada di peringkat keempat pada klasemen pembalap dengan koleksi 112 poin, tertinggal 25 poin dari Joan Mir di puncak dengan tiga balapan tersisa.

Sumber: Motorsport.com

3 dari 3 halaman

Video: Momen Franco Morbidelli Raih Kemenangan Perdana di MotoGP San Marino

KOMENTAR