Tak Cuma MotoGP, Valentino Rossi Sebut Mooney Juga Jadi Sponsornya di Ajang Balap Mobil

Anindhya Danartikanya | 4 Januari 2022, 09:04
Marco Bezzecchi, Luca Marini, dan skuad Mooney VR46 Racing Team (c) VR46 Racing Team
Marco Bezzecchi, Luca Marini, dan skuad Mooney VR46 Racing Team (c) VR46 Racing Team

Bola.net - Sembilan kali juara dunia sekaligus MotoGP Legend, Valentino Rossi, akhirnya resmi mengumumkan kerja sama antara VR46 Racing Team dan perusahaan asal Italia, Mooney, untuk MotoGP dan Moto2 2022. Demikian yang dinyatakan Rossi pada Senin (3/1/2022) lewat rilis resmi skuad yang akan bernama Mooney VR46 Racing Team ini.


Sebelumnya, tim ini sangat santer dikabarkan bakal disponsori oleh Aramco, lewat kerja samanya dengan Tanal Entertainment Sport & Media, perusahaan infrastruktur asal Arab Saudi milik Pangeran Abdullah bin Saud bin AbdulAziz Al Saud, yang bahkan sempat berjanji memberikan 18 juta euro per musim.

Tanal bahkan sudah sempat merilis pernyataan resmi soal kerja sama ini pada pertengahan musim, meski Rossi menyebut bahwa pengumuman itu dirilis tanpa izin VR46. Divisi pemasaran Aramco juga anehnya berkali-kali menegaskan bahwa pihaknya tak pernah mencapai kesepakatan apa pun dengan VR46.

1 dari 3 halaman

Juga Jadi Sponsor VR46 Riders Academy

Polemik itu pun akhirnya berakhir ketika VR46 memutuskan mengambil jalan lain. Mereka menggaet Mooney, perusahaan layanan pembayaran elektronik asal Italia. Tak hanya mendukung tim Rossi di MotoGP dan Moto2, Mooney juga akan berkontribusi di VR46 Riders Academy dan jadi sponsor pribadi Rossi di ajang balap mobil.

Seperti yang diketahui, Rossi pensiun dari MotoGP pada November 2021, dan akan banting setir ke balap mobil, meski belum menentukan ajang apa yang akan ia ikuti. Sembari menanti kepastian, Rossi akan lebih dahulu berlaga di Gulf 12 Hours 2022 yang akan digelar di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, 8-9 Januari nanti.

Musim 2022 akan jadi tahun keenam bagi skuad VR46 berlaga di Moto2, dan mereka bertekad mengulang sukses pada 2018, ketika merebut gelar dunia lewat Pecco Bagnaia. Ini juga tahun pertama VR46 turun di MotoGP dengan dua pembalap, mengingat tahun lalu mereka hanya menurunkan satu rider dan melebur dengan Esponsorama Racing.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Pemilik Tim, Valentino Rossi

Sembilan kali juara dunia sekaligus MotoGP Legend, Valentino Rossi (c) VR46 Racing TeamSembilan kali juara dunia sekaligus MotoGP Legend, Valentino Rossi (c) VR46 Racing Team

"Saya senang bisa mendapati perusahaan asal Italia seperti Mooney, pemimpin di lahan pembayaran jarak dekat, di sisi kami pada musim yang akan datang. Kami pun berbagi strategi dalam mengembangkan talenta-talenta muda Italia bersama, dengan mencari peningkatan performa yang konstan.

"Mooney, sebagai tambahan dari fakta bahwa mereka akan jadi sponsor titel tim kami di kejuaraan dunia MotoGP dan Moto2, juga akan bergabung di VR46 Riders Academy dan musim perdana saya di ajang balap roda empat."

3 dari 3 halaman

Pernyataan Direktur Tim, Alessio Salucci

Direktur Tim Mooney VR46 Racing Team, Alessio Uccio Salucci (c) VR46 Racing TeamDirektur Tim Mooney VR46 Racing Team, Alessio Uccio Salucci (c) VR46 Racing Team

"Kami sangat bangga atas jalan yang menuntun kami ke debut kami di MotoGP. Mooney VR46 Racing Team akan menjadi evolusi dari proyek kami, yang dimulai hampir delapan tahun lalu lewat kerja sama dengan Sky Italia, yang membuat kami merebut gelar dunia (Moto2) pada 2018, memperebutkan gelar dunia tim pada 2020, dan kini menjadi tim referensi di kelas-kelas yang lebih ringan di kejuaraan dunia.

"Kami telah memilih orang-orang yang tepat, didukung oleh komitmen dan semangat yang sama. Para rider kami punya potensi untuk meraih hal hebat dan terus membuat kami terhibur. Kami percaya bahwa kami akan segera mencapai level tim-tim paling kompetitif. Target yang sama juga kami patok di Moto2, di mana kami ingin tetap menjadi salah satu tim panutan di kategori tersebut."

Sumber: Mooney VR46 Racing Team

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR