BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tak Cuma Marquez: 4 Rider MotoGP yang Cedera Usai 'Kecelakaan Aneh' di Luar Trek

06-08-2020 19:28 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi dan Marc Marquez (c) AP Photo Valentino Rossi dan Marc Marquez (c) AP Photo

Bola.net - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, lagi-lagi menghebohkan paddock MotoGP pada Kamis (6/8/2020) dengan kabar soal perkembangan cedera patah tulang humerus pada lengan kanannya. Cedera ini ia dapat tiga pekan lalu, namun kini cederanya malah memburuk.

Sempat diperkirakan bakal cukup fit untuk turun lintasan di MotoGP Brno, Ceko, akhir pekan ini, Marquez malah mendadak operasi lagi pada lengan yang sama pada Senin (3/8/2020) lalu karena Spesialis Traumatologi MotoGP dari Rumah Sakit Universitari Dexeus, dr. Xavier Mir mendapati plat titanium pada lengannya patah.

Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, pun menyatakan kepada Diario AS, bahwa plat itu patah akibat sebuah kecelakaan domestik, yakni saat Marquez mencoba membuka jendela di rumahnya yang ada di Cervera, Spanyol.

Uniknya, Marquez bukan satu-satunya pembalap Grand Prix yang pernah mengalami cedera akibat kecelakaan aneh di luar trek. Siapa saja sih mereka? Berikut ulasannya.

1 dari 6 halaman

Valentino Rossi

Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, pernah mengalami cedera akibat kecelakaan domestik di rumahnya pada 2009 lalu. Ia mendapatkan jahitan pada luka tangan kiri dan kaki kirinya, usai mencoba menutup gorden rumahnya.

Menurut Visordown, Rossi terpeleset dan terjatuh di atas meja kaca yang akhirnya pecah, dan mengalami luka terbuka pada jari manis tangan kirinya dan telapak kaki kiri. Ia langsung dilarikan ke rumah sakit. Beruntung, cedera ini tak memengaruhi jalannya menuju gelar dunia kesembilan.

2 dari 6 halaman

Cal Crutchlow

Pebalap LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow (c) AP Photo Pebalap LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow (c) AP Photo

Cal Crutchlow dari LCR Honda Castrol, juga pernah mengalami kecelakaan domestik di rumahnya. Pada 2017, pembalap Inggris ini mengalami kerusakan tendon pada jari telunjuknya saat berupaya memotong keju untuk makan malam bersama keluarga.

"Memotong keju parmesan adalah hal berbahaya. Saya berharap bisa memberikan kisah bagus (soal cedera), seperti bertarung dengan beruang atau cerita lainnya. Saya sendiri tak bisa masak, tapi saya memotong keju untuk makan malam, dan pisaunya langsung menuju jari saya. Jari saya berdarah sampai keesokan harinya," ujar Crutchlow via Crash.net.

3 dari 6 halaman

Nicolo Bulega

Nicolo Bulega (c) VR46 Nicolo Bulega (c) VR46

Mantan anak didik Rossi di VR46 Riders Academy, Nicolo Bulega, juga pernah mengalami kecelakaan domestik di rumah pada 2018. Mirip dengan sang mentor, Bulega juga terjatuh setelah menabrak meja kaca yang akhirnya pecah saat bermain-main dengan anjingnya.

Bulega pun harus absen dalam dua balapan di Jepang dan Australia untuk menjalani pemulihan kerusakan tendon pada tangan kanannya, dan digantikan oleh anggota VR46 Riders Academy lainnya, Celestino Vietti.

4 dari 6 halaman

Celestino Vietti

Pebalap Sky Racing VR46, Celestino Vietti (c) VR46 Pebalap Sky Racing VR46, Celestino Vietti (c) VR46

Ya, Vietti sendiri juga pernah mengalami kecelakaan di luar trek. Bahkan peristiwa itu baru saja terjadi di Jerez, usai balapan Moto3 Andalusia pada Minggu (26/8/2020) lalu. Vietti yang finis ketiga, diketahui membenturkan botol Prosecco ke lantai untuk membuat sampanye di dalamnya tersembur.

Cara ini kerap dilakukan oleh pembalap McLaren dari Formula 1, Lando Norris, dan Vietti mengaku bahwa ia memang hendak meniru cara Norris. Nyatanya, Vietti terlalu keras membenturkan botolnya ke lantai hingga terpecah. Alhasil, ia harus mendapatkan enam jahitan pada telapak tangan kirinya.

5 dari 6 halaman

Marc Marquez

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Twitter/Marc Marquez Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Twitter/Marc Marquez

Dibandingkan keempat rider di atas, Marc Marquez sepertinya yang paling apes: sudah jatuh, tertimpa tangga. Ia diketahui mengalami patah tulang humerus kanan usai terjatuh keras dalam balapan MotoGP Spanyol di Jerez, hingga harus operasi untuk menanamkan sebuah plat titanium dan 12 sekrup.

Menjalani proses penyembuhan di rumah selama tiga pekan, Marquez pun diperkirakan turun di MotoGP Brno, Ceko, akhir pekan ini. Meski begitu, plat titanium Marquez malah patah setelah membuka jendela rumah. Alhasil, ia harus dioperasi lagi dan kembali absen di Brno.

6 dari 6 halaman

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR