BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tak Cuma di MotoGP, VR46-Esponsorama Bisa Melebur di Moto3 2021

02-11-2020 11:10 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Sky Racing VR46, Celestino Vietti (c) Twitter/VR46 Pembalap Sky Racing VR46, Celestino Vietti (c) Twitter/VR46

Bola.net - Tak hanya berpotensi melebur di MotoGP, Team VR46 dan Esponsorama Racing atau Avintia Racing, juga bisa melebur demi turun di Moto3 2021. Kabar ini pun beredar sebagai buntut usaha Valentino Rossi dan VR46 Riders Academy dalam mencarikan tempat bagi Luca Marini di MotoGP tahun depan.

Team VR46 dikabarkan ingin mengambil alih Esponsorama Racing di MotoGP 2021 demi menandemkan Marini dengan Enea Bastianini, yang sudah lebih dulu tanda tangan kontrak dengan Ducati Corse. Rumor ini juga memunculkan spekulasi bahwa Team VR46 ingin mundur sepenuhnya dari Moto3.

Meski begitu, GPOne pada Jumat (30/10/2020) melansir Team VR46 bisa jadi melebur dengan Avintia Racing, yang saat ini hanya turun dengan satu pembalap di Moto3. Jika terwujud, ini selaras dengan keinginan tim asal Spanyol yang bermarkas di Andorra tersebut, karena mereka ingin turun dengan skuad penuh pada 2021.

1 dari 3 halaman

Akankah Saling Bantu?

Pembalap Reale Avintia Racing, Carlos Tatay (c) Twitter/EsponsoramaGP Pembalap Reale Avintia Racing, Carlos Tatay (c) Twitter/EsponsoramaGP

Saat ini, Avintia hanya menurunkan Carlos Tatay, dan ia bisa jadi bertandem dengan Niccolo Antonelli yang juga anggota VR46 Riders Academy. CEO VR46, Alberto Tebaldi, tak mau mengonfirmasi gosip ini, namun juga tak membantah. Ia menyatakan bahwa pihaknya sedang mengevaluasi segala opsi.

"Kami mencoba melakukan segalanya dengan tenang, melakukan analisa yang sangat detail, seperti yang biasa kami lakukan. Kami akan mencoba mengurus banyak hal. Namun, ini memang sulit, karena level di kategori itu sangat tinggi," ujar Tebaldi, yang biasa disapa 'Albi' dan merupakan sahabat Rossi sejak anak-anak.

Menurut GPOne, untuk turun di Moto3 dan Moto2, Team VR46 membutuhkan 5 juta euro per musim. Peleburan dengan Avintia pun bisa jadi meringankan beban finansial ini. Di lain sisi, Tebaldi menyatakan bahwa proyek Moto3 tak bisa sekadar dijadikan lahan keuntungan, namun juga harus mampu membantu rider-rider muda.

2 dari 3 halaman

Turun di Moto3 Masih Masuk Akal

"Jika ingin meraih hasil baik, maka ketertarikan kami harus bertemu. Kami harus perhatikan tiap detail kecil. Yang lebih utama, kami harus paham rider adalah pusat proyek. Kami paham soal ini baik dari kacamata rider maupun kacamata tim. Meraih hasil baik itu sulit, atas alasan ini kami harus paham fundamentalnya," ungkap Tebaldi.

Pria Italia ini belum mau memastikan apakah VR46 akan tetap hadir sebagai tim di Moto3, namun yakin proyek ini masih sangat masuk akal untuk dijalankan. "Kami tengah menjajal banyak hal. Kami selalu yakin atas semua langkah yang kami ambil selama beberapa tahun terakhir, yakni membentuk proyek untuk para rider," tuturnya.

"Tentu kami ingin melanjutkan proyek ini, namun ini adalah tahap di mana kami harus merenung. Kami tak ingin kerja asal-asalan. Dari sudut pandang olahraga, turun di Moto3 masih sangat masuk akal, karena ini tempat para rider tumbuh dewasa dan menggali pengalaman di kejuaraan dengan level yang sangat tinggi," tutup Tebaldi.

Sumber: GPOne

3 dari 3 halaman

Video: Momen Brad Binder Menangi MotoGP Ceko

KOMENTAR