BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Tak Cemas Soal Gelar, Joan Mir Sudah Prediksi Bakal Minim Podium

05-05-2021 12:00 | Anindhya Danartikanya

Frankie Carchedi dan Joan Mir (c) Suzuki Racing Frankie Carchedi dan Joan Mir (c) Suzuki Racing

Bola.net - Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, mengaku sama sekali tak mencemaskan kansnya mempertahankan gelar dunia di MotoGP 2021 walau hanya meraih satu podium di empat balapan pertama. Kepada Autosport, Selasa (4/5/2021), ia malah mengaku yakin tren performanya saat ini jauh lebih baik dibandingkan awal musim 2020.

Seperti diketahui, pada empat seri pertama musim lalu, Mir dua kali gagal finis, sekali naik podium, dan sekali finis kelima. Sementara pada empat seri pertama musim ini, ia finis keempat, ketujuh, kedua, dan kelima. Atas alasan ini, ia justru menilai awal musimnya berjalan baik.

Rider Spanyol ini juga yakin bahwa kansnya merebut gelar belum perlu dikhawatirkan, toh Suzuki juga terbukti kompetitif di semua trek sejauh ini. Mir juga menyatakan dirinya belum terlalu memperhatikan peringkatnya di klasemen pembalap. Menurutnya, ia tinggal bekerja keras untuk mempertahankan tren positif di seri-seri berikutnya.

1 dari 3 halaman

Tak Terlalu Perhatikan Klasemen

Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki Racing Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki Racing

"Saya tak cemas sama sekali soal gelar dunia, karena saya memang tak melihat klasemen. Kini saya hanya ingin mengerahkan 100% diri saya di tiap balapan, meraih poin sebanyak mungkin setiap Minggu, karena kami lihat banyak rider yang lebih kuat dari kami. Saya sudah mengira awal musim yang seperti ini," ujar Mir.

Mir juga menyatakan bahwa dirinya tak mau membebani diri sendiri untuk berubah menjadi pembalap yang dominan dan meraih kemenangan di setiap balapan, meski ia memang baru meraih satu kemenangan dalam kariernya di MotoGP, yakni di Seri Eropa pada 2020 lalu.

"Tahun lalu, saya bisa merebut gelar ketika jauh lebih lamban di Jerez, di mana saya rugi lebih banyak. Tapi kini saya ikut memperebutkan podium di Qatar, naik podium di Portimao. Jadi, saya merasa sedang menjalani musim yang baik. Memangnya apa sih yang orang harapkan dari kami? Memenangkan semuanya?" ungkapnya.

2 dari 3 halaman

Kendala di Jerez Sudah Biasa

Mir juga sama sekali tak cemas hanya finis kelima dalam balapan di Jerez, Spanyol, Minggu (2/5/2021) lalu. Ia tetap puas karena tahu dirinya sudah bekerja keras. "Saya rasa kami bekerja dengan baik. Target kami mengerahkan segalanya di setiap balapan, dan dalam balapan di Jerez kali ini, hasil maksimalnya adalah finis kelima," tuturnya.

Di lain sisi, rider yang juga juara dunia Moto3 2017 ini juga menyatakan Suzuki sedikit terhalang di Jerez akibat top speed GSX-RR yang kurang dibanding motor lain, yang membuatnya harus susah payah mengejar ketertinggalan dengan mengerem secara agresif dan lebih lambat.

"Apa yang terjadi di Jerez, terjadi pada semua orang. Namun, Yamaha dan Suzuki lebih terkendala karena tak punya tenaga mesin untuk menyalip. Jadi, kami harus mengerem motor di belakang pembalap lain, seolah-olah mereka adalah tembok. Ini bikin frustrasi, tapi bukan pertama kalinya terjadi, apalagi jika cuacanya panas," tutupnya.

Sumber: Autosport

3 dari 3 halaman

Video: Ketika Valentino Rossi dan Lewis Hamilton Tukar Kendaraan Balap

KOMENTAR