BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tak Anggap Enteng, Valentino Rossi Sebut Uji Coba Portimao Fundamental

09-10-2020 16:17 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi mengendarai R1 di uji coba Portimao. (c) Yamaha Valentino Rossi mengendarai R1 di uji coba Portimao. (c) Yamaha

Bola.net - Meski hanya mengendarai motor superbike Yamaha R1 di uji coba MotoGP Portimao, Portugal, pada Rabu (7/10/2020) lalu, Valentino Rossi tak mau anggap enteng. Rider Monster Energy Yamaha itu menyatakan bahwa seorang rider tak seharusnya datang ke sirkuit baru tanpa tahu apa-apa soal trek terkait.

Uji coba tersebut memang digelar sebagai sesi familiarisasi bagi para rider. Test rider seluruh pabrikan diperbolehkan mengendarai motor MotoGP demi mengumpulkan data ban untuk Michelin, sementara para pembalap reguler hanya diperbolehkan memakai motor superbike.

Ini menandai pertama kali Rossi mengunjungi Portimao, sirkuit yang selesai dibangun pada 2008 dan selama ini hanya menggelar WorldSBK. The Doctor selama ini hanya melihat Portimao dari balapan WorldSBK dan sempat cemas karena terlihat rumit. Kini, ia justru mencap trek itu sebagai salah satu yang terbaik.

1 dari 3 halaman

Ingin Portimao Dipertahankan pada 2021

Sirkuit Portimao, Portugal (c) WorldSBK Sirkuit Portimao, Portugal (c) WorldSBK

"Sirkuit itu fantastis, jauh lebih baik dari yang saya duga. melihatnya di TV, saya pikir treknya bakal lebih sulit. Tapi nyatanya justru merupakan salah satu trek terbaik yang pernah saya kunjungi," ungkap Rossi kepada GPOne di Le Mans, Prancis, pada Kamis (8/10/2020).

"Suhu saat uji coba 25°C dan harinya cerah, kondisinya sempurna. Tapi orang bilang suhu di sana pada November juga bakal bersahabat. Saya harap Portimao juga ada di kalender balap musim depan, karena treknya bagus dan berada di area yang menyenangkan juga," lanjutnya.

Rossi juga menyatakan uji coba ini fundamental bagi pengetahuannya dan juga para rider yang belum pernah menjajal dan mengunjungi trek ini sebelumnya. Ia mengaku tak terlalu banyak menjalani lap karena harus menyimpan tenaga untuk pekan balap di Le Mans, tapi menurutnya sudah cukup memberinya gambaran.

2 dari 3 halaman

Tak Permasalahkan Motor Jorge Lorenzo

Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) Yamaha Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) Yamaha

"Uji coba itu fundamental. Dengan level persaingan MotoGP yang ada sekarang, Anda tak boleh datang tanpa tahu apa-apa soal sirkuitnya. Saya sendiri menjalani 50 lap. Memang tak banyak, karena akhir pekan ini kami juga balapan, tapi sudah cukup untuk bikin saya memahami treknya lebih baik," tutur Rossi.

Sembilan kali juara dunia ini juga mengomentari keputusan Yamaha yang hanya menyediakan YZR-M1 versi 2019 pada Jorge Lorenzo di uji coba ini. Senada dengan Lorenzo yang tak mempermasalahkan gagasan ini, Rossi yakin M1 2019 sudah bisa cukup memberikan data berharga untuk pekan balap pada 20-22 November mendatang.

"Saya rasa bukan masalah jika Jorge mengendarai motor tahun lalu, karena tak banyak bedanya dengan motor 2020, dan jika melihat alasannya uji coba di sana, maka oke-oke saja. Yang penting adalah Jorge ada di sana untuk mengumpulkan data yang bisa membantu kami saat balapan di Portimao nanti," pungkasnya.

Sumber: GPOne

3 dari 3 halaman

Video: Momen Franco Morbidelli Raih Kemenangan Perdana di MotoGP San Marino

KOMENTAR