BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Tak Ada Dendam, Valentino Rossi: Spanyol Justru Bagai Rumah Saya Sendiri

16-09-2021 10:43 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT

Bola.net - Italia dan Spanyol tak pelak lagi kerap bersaing sengit di kancah olahraga, tak terkecuali MotoGP. Kedua negara ini mendominasi kejuaraan balap motor terakbar di dunia tersebut. Namun, rider andalan Italia, Valentino Rossi merasa tak punya dendam pada Spanyol, meski para rivalnya kebanyakan berasal dari Negeri Matador.

Selama berlaga di Grand Prix, Rossi memang menghadapi banyak rival sengit dari Spanyol, beberapa di antaranya adalah Alex Criville, Carlos Checa, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, Marc Marquez, dan Maverick Vinales. Dengan Lorenzo dan Marquez ia bahkan punya rivalitas yang sangat pahit, terutama sejak insiden 'Sepang Clash' 2015.

Meski hubungannya dengan Lorenzo-Marquez tak harmonis, Rossi tak punya dendam pada rider-rider atau tokoh-tokoh balap Spanyol lainnya, begitu juga para penggemar dari negara tersebut. Rider Petronas Yamaha SRT ini justru merasa Spanyol bagaikan rumah keduanya, karena ia selalu dapat dukungan yang sangat baik.

1 dari 2 halaman

Spanyol Punya Kemiripan dengan Italia

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) AP Photo
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) AP Photo

"Bagi saya, selalu menyenangkan datang ke Spanyol, karena banyak rival kuat saya berasal dari Spanyol dan Spanyol juga sangat terikat dengan para rider dan tim mereka, seperti halnya Italia. Meski saya orang Italia, saya selalu dapat perlakuan sangat baik di Spanyol," ujar Rossi kepada DAZN seperti yang dikutip Todo Circuito, Rabu (15/9/2021).

Pada Agustus lalu, sembilan kali juara dunia ini telah memastikan bahwa dirinya akan pensiun akhir musim nanti. Balapan terakhirnya di Spanyol akan digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Sebelum benar-benar gantung helm, Rossi pun merasa harus berterima kasih kepada pada fans asal Spanyol yang setia mendukungnya.

"Tiap kali saya mendarat di Jerez atau Barcelona, orang pertama yang saya lihat di bandara langsung menyapa, 'Grande, Vale! Boleh minta foto?' Saya selalu merasakan dukungan dan kehangatan luar biasa. Saya ingin berterima kasih kepada para fans Spanyol, mereka selalu bikin saya merasa seperti balapan di rumah sendiri," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Spanyol Penting Bagi MotoGP

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT

Selama dua dekade terakhir, dunia balap Spanyol memang menggeliat di ajang balap motor internasional, hingga banyak pembalap dan tim yang turun di ajang Grand Prix. Banyak pihak meyakini hal ini membuat kompetisi tak sehat, namun Rossi justru yakin peran Spanyol sangatlah penting bagi keberlangsungan MotoGP.

"Spanyol sangatlah penting bagi kami, karena mereka negara nomor satu di kejuaraan dunia. Organisasi Dorna dari Spanyol, banyak rider dari Spanyol, dan kami balapan di Spanyol empat kali. Jadi, datang ke sini dan merasa seperti di rumah sendiri bikin saya merasa terhormat dan saya hanya bisa mengucapkan terima kasih," tutupnya.

Rossi sendiri akan tampil lebih dulu di seri kandangnya yang sesungguhnya akhir pekan ini, yakni MotoGP San Marino di Sirkuit Misano pada 17-19 September. MotoGP Valencia, Spanyol, baru akan digelar pada 12-14 November mendatang.

Sumber: DAZN, Todo Circuito

KOMENTAR