BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Tadinya Ngotot ke Yamaha, Raul Fernandez Malah Makin 'Mesra' dengan Tech 3 KTM

15-10-2021 12:36 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Red Bull KTM Ajo, Raul Fernandez (c) AP Photo
Pembalap Red Bull KTM Ajo, Raul Fernandez (c) AP Photo

Bola.net - Sejak menjalani uji coba MotoGP di Misano pada September lalu, Raul Fernandez semakin 'mesra' dengan KTM dan Tech 3 KTM Factory Racing. Padahal, tadinya ia sangat kecewa diminta membela Tech 3 di MotoGP 2022, karena lebih memilih pindah ke tim satelit Yamaha.

Fernandez memang selalu membela KTM di sepanjang kariernya, dan memiliki kontrak tiga tahun dengan KTM, dimulai dari 2020 saat ia masih turun di Moto3. Tahun ini, ia turun di Moto2 bersama Red Bull KTM Ajo. Namun, ia sempat didekati oleh Yamaha untuk diturunkan di tim satelit mereka pada 2022.

Yamaha siap membeli kontrak Fernandez dari KTM senilai 500.000 euro pada Agustus lalu, namun KTM menolak. Tanpa izin Fernandez, yakni di sela Seri Ausria, KTM mengumumkan kontraknya untuk membela Tech 3 pada 2022. Usai pengumuman itu dirilis ke publik, Fernandez mengaku sangat kecewa.

1 dari 2 halaman

Selalu Bela KTM Kecuali pada 2017

Pembalap Red Bull KTM Ajo, Raul Fernandez (c) KTM Ajo/Ajo.fi
Pembalap Red Bull KTM Ajo, Raul Fernandez (c) KTM Ajo/Ajo.fi

Meski begitu, hubungan pahit antara Fernandez dan KTM membaik usai pabrikan Austria itu memberikan kans uji coba padanya dan Remy Gardner di Misano. Dalam uji coba itu, keduanya mengendarai RC16 untuk pertama kali, sekaligus berbagi lintasan dengan para rider MotoGP lainnya.

Lewat Speedweek, Jumat (15/10/2021), Fernandez pun mengakui betapa besar jasa KTM padanya. "Saya membela KTM sepanjang karier saya. Hanya pada 2017 saya mengendarai motor lain. Pada 2016, saya duduk di peringkat ketiga di Red Bull Rookies Cup dan Moto3 Junior World Championship bersama KTM," kisahnya.

Pada 2017, ia pindah ke Aspar Team, yang bekerja dengan Mahindra. Kini, tim itu bekerja dengan GASGAS, anak perusahaan KTM. "Aspar Team Mahindra di Moto3 Junior World Championship sungguh bencana, saya duduk di peringkat 26. Tapi pada 2018, saya jadi juara bareng KTM," lanjut Fernandez.

2 dari 2 halaman

Kagumi Sosok Herve Poncharal

Raul Fernandez saat menjalani uji coba MotoGP Misano 2021. (c) KTM Images/Rob Gray (Polarity Photo)
Raul Fernandez saat menjalani uji coba MotoGP Misano 2021. (c) KTM Images/Rob Gray (Polarity Photo)

Fernandez bahkan makin 'cinta' pada KTM setelah mengenal Manajer Tim Tech 3 Racing, Herve Poncharal, lebih jauh. Pria asal Prancis ini memang diketahui sebagai pribadi yang supel di paddock MotoGP dan sangat peduli pada para pembalapnya. Ia juga sangat telaten dalam membimbing rider muda.

"Dalam uji coba Misano, saya dapat kans mengenal lebih baik calon bos saya, Herve Poncharal. Sebelumnya, saya tak pernah banyak ngobrol dengannya. Namun, di Misano kami bicara nyaris tiap hari. Wow, dia pria yang sangat baik. Saya sangat senang bisa bekerja dengannya," tutur Fernandez.

"Saya akan terus melakukan kontak dengan Tech 3, karena saya akan pindah ke sana setelah musim ini berakhir. Saya suka atmosfer keluarga di sana," pungkas pembalap asal Spanyol ini, yang kini duduk di peringkat kedua pada klasemen pembalap Moto2 dengan 262 poin, tertinggal 9 poin dari Gardner.

Sumber: Speedweek

KOMENTAR