BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Syok Menangi MotoGP Ceko, Brad Binder: Saya Mau Nangis!

09-08-2020 20:55 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) KTM/Polarity Photo Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) KTM/Polarity Photo

Bola.net - Debutan Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder, mengaku syok bisa memenangi balapan MotoGP Ceko yang digelar di Automotodrom Brno pada Minggu (9/8/2020). Ini adalah kemenangan perdananya sekaligus kemenangan perdana KTM di kelas tertinggi.

Binder yang start dari posisi ketujuh, naik ke posisi kelima pada lap pertama, dan langsung naik ke posisi ketiga pada lap berikutnya. Dengan sabar ia pun berusaha mempersempit margin dari pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, dan akhirnya menyalip pada Lap 9.

Rider berusia 25 tahun ini pun perlahan tapi pasti mendekati rider SRT lainnya, Franco Morbidelli, yang memimpin balapan dengan keunggulan satu detik. Pada Lap 13, ia pun akhirnya menyalip, dan langsung mencetak margin yang cukup besar dan melenggang ke garis finis sebagai pemenang.

1 dari 3 halaman

Impian Sejak Anak-Anak Kini Jadi Nyata

"Jujur saja, saya kehilangan kata-kata. Ini impian saya sejak masih anak-anak, dan hari ini semua jadi nyata. Saya sangat senang. Saya berharap orang tua saya ada di sini, karena mereka mendukung saya sejak awal. Terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya," ujar Binder via MotoGP.com usai finis.

Juara dunia Moto3 2016 ini pun mengaku takkan bisa cukup mengucapkan terima kasih kepada timnya yang telah mempersiapkan RC16 dengan sangat baik. Binder mengaku sulit memahami bagaimana dirinya bisa menang di atas motor yang baru meraih satu podium sejak 2017 itu.

"Tim mempersiapkan motor yang sungguh 'gila' untuk saya. Saya tak tahu bagaimana kami bisa menang, tapi rasanya sungguh menyenangkan. Saya angkat topi untuk kru saya. Terima kasih juga pada semua orang di rumah yang telah mendukung saya. Semoga ini hanya awal dari banyak kemenangan selanjutnya," ungkapnya.

2 dari 3 halaman

Syok dan Ingin Menangis

Tak hanya itu, Binder juga merupakan pembalap Afrika Selatan pertama yang mampu meraih kemenangan di era MotoGP. Ia juga merupakan debutan MotoGP pertama yang mampu meraih kemenangan sejak Marc Marquez memenangi MotoGP Austin, Texas, pada 2013 lalu.

Kepada Fox Sports Asia, Binder pun mengaku ogah memikirkan statistik fantastis ini karena membuatnya emosional. "Kalau memikirkan hal-hal itu, saya bakal menangis! Ini sungguh gila. Saya sulit percaya. Saat balapan menyisakan tiga lap, saya merasa bisa menang, tapi saya sungguh syok," tuturnya.

"Saya tak bisa memercayai apa yang terjadi. Tiba-tiba saja saya melewati mereka semua. Saat melihat bendera finis, rasanya kemenangan adalah hal yang bisa saya bayangkan, tapi sulit untuk dijelaskan. Hari yang menakjubkan," pungkas kakak dari rider Moto3, Darryn Binder ini.

3 dari 3 halaman

Video: Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia 2021 di Mandalika

KOMENTAR