BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Suzuki: Versi Terbaik dari Joan Mir Masih akan Datang

15-01-2021 16:05 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki

Bola.net - Direktur Tim Suzuki Ecstar, Shinichi Sahara, sangat meyakini bahwa sang rider yang sukses menjuarai MotoGP 2020, Joan Mir, masih berpotensi jauh lebih kuat dan kompetitif pada masa-masa mendatang. Hal ini ia sampaikan dalam wawancaranya dengan situs resmi tim pada Kamis (14/1/2021).

Musim lalu, Mir memang terbukti sebagai pembalap paling konsisten bertarung di papan atas. Dalam 14 balapan yang digelar, ia tujuh kali naik podium, dan salah satunya merupakan kemenangan. Hasil konsisten inilah yang membantunya mengunci gelar di MotoGP Valencia, Spanyol, pada November lalu.

Melihat prestasi Mir ini, tentu Sahara merasa kagum. Namun, jika melihat usia Mir yang baru menginjak 23 tahun, Sahara sangat yakin hal-hal yang jauh lebih hebat bakal terlihat di masa depan. Menurutnya, ruang Mir untuk berkembang masih sangat luas.

1 dari 3 halaman

Juga Harapkan Hal Serupa dari Alex Rins

Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki

"Tentu versi terbaik Joan masih akan datang. Ia masih muda dan baru akan menjalani musim ketiga bersama kami, jadi masih ada ruang untuk memahami motor dan tim kami lebih jauh, serta untuk berkembang. Saya rasa, usai jadi juara, ia justru makin dewasa dan tahu cara mengendalikan tekanan," ujar Sahara.

Pria asal Jepang ini juga sangat mengharapkan hal serupa dari Alex Rins, yang musim lalu terbukti sangat kompetitif, meski sayangnya sempat dirundung cedera bahu dan beberapa kesalahan dalam balapan.

"Kita akan melihat Alex akan semakin kuat, bertarung sengit dengan tandemnya. Tahun lalu, sayangnya, ia sangat bugar namun kemudian cedera. Hal ini pun sangat memengaruhi performanya sepanjang musim," ungkap Sahara.

2 dari 3 halaman

Sama Kuat, Harus Tetap Berbagi Data

Sahara juga menyatakan, walau kedua ridernya sama-sama kuat dan mungkin bisa menciptakan rivalitas yang lebih sengit di masa mendatang, Suzuki akan tetap mewajibkan mereka bekerja sama secara profesional demi membuat tim tetap berada di papan atas.

"Kami harus menghindari kesalahan serius soal arah pengembangan lewat berbagai data yang kami koleksi dari dua karakter gaya balap berbeda. Joan dan Alex sendiri paham manfaat dari berbagi data, dan ini membantu pengembangan motor kami agar lebih kompetitif bagi keduanya," pungkasnya.

Mir dan Rins dijadwalkan akan kembali berjumpa di lintasan dalam uji coba pramusim MotoGP Qatar di Sirkuit Losail pada 6-7 dan 10-12 Maret nanti.

Sumber: Suzuki MotoGP

3 dari 3 halaman

Video: Deretan Momen MotoGP Catalunya, Quartararo Menang dan Rossi Jatuh

KOMENTAR