BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Suzuki Tak Lagi Ambisius Bentuk Tim Satelit di MotoGP

20-12-2019 12:55 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki

Bola.net - Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, menyatakan pihaknya sudah tak lagi ambisius membentuk tim satelit di MotoGP. Kepada Speedweek, Brivio mengaku, meski pengembangan GSX-RR tak bisa cepat, Alex Rins dan Joan Mir terbukti juga bisa kompetitif tanpa tim satelit.

Suzuki kembali ke MotoGP pada 2015 lalu, sejak itu pula mereka baru meraih 12 podium dan tiga kemenangan. Brivio selama ini dikenal sebagai orang yang paling vokal meminta Suzuki menurunkan tim satelit, namun tak kunjung disetujui oleh departemen balap Suzuki di Jepang.

"Topik ini muncul tiap tahun. Kami yakin tim satelit bakal membantu. Dengan dua motor saja, kami jadi lebih sulit mendapatkan informasi, apalagi jika, contohnya, satu atau dua sesi saja yang berjalan dalam kondisi kering sementara sisanya basah," tutur Brivio.

1 dari 2 halaman

Makin Banyak Data Makin Baik

Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir. (c) Suzuki Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir. (c) Suzuki

2020 akan jadi tahun keenam Suzuki turun di MotoGP usai vakum pada 2011, namun mereka belum juga konsisten memperebutkan kemenangan, apalagi gelar dunia. Brivio pun tak memungkiri ini terkait lambannya pengembangan motor GSX-RR, akibat mereka tak punya tim satelit.

"Sudah jelas bahwa dengan lebih banyak data dan informasi, Anda bisa mempercepat pengembangan motor dan memfilter banyak masalah. Jadi tim satelit bakal membantu, tapi sayangnya kami tak punya," ungkap mantan Manajer Tim Yamaha Factory Racing ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Fokus pada Rins dan Mir

Di lain sisi, Brivio menyatakan bahwa tak punya tim satelit tidaklah selalu buruk. Dengan begitu, departemen balap Suzuki jadi bisa memusatkan konsentrasinya pada seluruh masukan dari Rins dan Mir mengenai performa GSX-RR.

"Baiknya, pabrikan jadi lebih benar-benar fokus pada tim pabrikan dan kedua rider kami. Tak ada distraksi. Kami bisa tampil baik hanya dengan dua rider, jadi punya tim satelit bukan prioritas. Negatifnya, kami jadi punya sedikit informasi dan perkembangan kami jadi lamban," tutupnya.

Rins dan Mir akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang pada 7-9 Februari 2020 mendatang.

KOMENTAR