BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Suzuki Disponsori Monster, Tanda Tim Balap Valentino Rossi Mendekat?

03-12-2020 13:49 | Anindhya Danartikanya

Luca Marini, Valentino Rossi, dan Marco Bezzecchi (c) Twitter/Sky Racing VR46 Luca Marini, Valentino Rossi, dan Marco Bezzecchi (c) Twitter/Sky Racing VR46

Bola.net - Kabar menghebohkan datang dari Suzuki Ecstar pada Selasa (1/12/2020) lalu, ketika Monster Energy secara resmi diumumkan sebagai co-sponsor baru mereka mulai MotoGP 2021. Uniknya, meski ia merupakan pembalap Yamaha, Valentino Rossi mendadak dikait-kaitkan dengan kerja sama ini.

Monster telah menjadi sponsor pribadi Joan Mir dan Alex Rins selama beberapa tahun terakhir, dan kini berekspansi jadi salah satu sponsor penyokong proyek Suzuki. Namun, spekulasi lain muncul, menyatakan kerja sama ini tanda Team VR46, tim balap Rossi, kian dekat jadi tim satelit Suzuki.

Bukan rahasia lagi, sejak 2017, Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, meminta pabrikan Jepang ini untuk menurunkan tim satelit. Gagasan ini terus ditolak, namun kini mulai dapat lampu hijau. Proyek ini kemungkinan bakal terwujud pada 2022, meski Brivio masih negosiasi dengan tim potensial.

1 dari 3 halaman

Suzuki Butuh Tim Satelit, VR46 Butuh Pabrikan Mumpuni

Duet Suzuki Ecstar, Joan Mir dan Alex Rins (c) Suzuki Duet Suzuki Ecstar, Joan Mir dan Alex Rins (c) Suzuki

Di lain sisi, Team VR46 melebur dengan Esponsorama Racing di MotoGP 2021. Mereka akan menurunkan Luca Marini, dan langkah ini diakui Rossi sebagai masa belajar bagi Team VR46 untuk menjalankan operasional sebuah tim MotoGP, yang tentunya akan lebih rumit dan mahal ketimbang proyek di Moto2 dan Moto3.

Meski Marini akan mengendarai motor Ducati, Team VR46 punya kemungkinan besar untuk beralih ke pabrikan lain saat turun sepenuhnya di MotoGP pada 2022. Rossi pun menyatakan bahwa timnya tak wajib bekerja sama dengan Yamaha, dan Suzuki bisa menjadi opsi yang realistis karena mereka belum punya tim satelit.

Sejak 2014 sampai sekarang, Team VR46 sendiri telah memiliki Sky sebagai sponsor utama. Namun, untuk turun di MotoGP, yang butuh dana lebih besar, tentu akan menguntungkan jika punya sponsor besar lainnya. Monster pun bisa jadi kandidat yang kuat untuk menjadi pendukung.

2 dari 3 halaman

Kerja sama yang Erat, Pengaruhi Marco Bezzecchi

Khalayak ramai pun sudah tahu betul bahwa Monster dan Rossi memiliki hubungan kerja sama yang erat, dimulai dari kerja sama lewat sponsor pribadi sejak 2010. Pada 2013, Monster bahkan berekspansi menjadi co-sponsor tim pabrikan Yamaha, dan lalu berubah menjadi sponsor utama sejak 2019.

Kerja sama yang erat antara Rossi dan Monster ini juga menjalar ke proyek balap The Doctor lainnya. Seluruh rider anggota VR46 Riders Academy, termasuk para rider yang turun di Sky Racing VR46 Moto2 dan Moto3, disponsori secara pribadi oleh produsen minuman berenergi asal Amerika Serikat itu.

Salah satu bukti lain bahwa kedatangan Monster ke Suzuki merupakan tanda bahwa Team VR46 bisa jadi tim satelit pabrikan Jepang itu adalah: baru-baru ini VR46 melarang Marco Bezzecchi bergabung ke Aprilia dan memintanya bertahan di Moto2 setahun lagi, dengan janji diturunkan di MotoGP pada 2022.

Akankah Team VR46 menjadi tim satelit Suzuki di MotoGP 2022? Kita tunggu perkembangannya ya, Bolaneters!

3 dari 3 halaman

Video: Aron Canet Lolos dari Maut Saat Terjatuh di Moto2 Portugal 2020

KOMENTAR