BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Susul Jorge Lorenzo, Max Biaggi Dinobatkan Jadi MotoGP Legend

18-01-2020 10:45 | Anindhya Danartikanya

Max Biaggi (c) Aprilia Racing Max Biaggi (c) Aprilia Racing

Bola.net - Usai Jorge Lorenzo akhir tahun lalu resmi dinyatakan akan mendapatkan gelar MotoGP Legend, kini sang sahabat, Max Biaggi akan menyusul. Situs resmi kejuaraan balap motor terakbar dunia tersebut mengumumkan hal ini pada Jumat (17/1/2020).

Pengumuman Lorenzo akan menjadi MotoGP Legend disampaikan CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta di Valencia pada November lalu, dalam jumpa pers sesaat usai Por Fuera mengumumkan keputusan pensiun. Penobatannya akan digelar di Jerez, Spanyol, pada awal Mei nanti.

Biaggi pun akan dapat gelar yang sama, yang akan disematkan di Mugello, Italia, pada akhir Mei. Selama berkarier di Grand Prix, Biaggi sukses merebut empat gelar dunia GP250, dan setelah hengkang dari MotoGP pada akhir 2005, ia juga merebut dua gelar WorldSBK.

1 dari 2 halaman

Merasa Terhormat Bakal Selalu Dikenang

Sejak pensiun total dari dunia balap pada akhir 2012 lalu, Biaggi tetap berseliweran di paddock MotoGP dan WorldSBK. Ia masih menjadi duta besar Aprilia Racing, dan mulai tahun lalu menurunkan tim Sterilgarda Max Racing Team di Moto3.

"Saya merasa terhormat akan menjadi MotoGP Legend, dan mengetahui nama saya akan bersanding selamanya dengan para pebalap penting lain seperti Agostini, Aspar, Nieto, Sheene..." ungkap rider berjuluk The Roman Emperor ini via MotoGP.com.

"Saya senang warisan balap saya akan selalu dikenang, dan rasanya menyenangkan kerja keras saya bertahun-tahun masih diakui, bahkan sampai hari ini. Saya berterima kasih kepada semua orang yang memutuskan memberi saya kehormatan ini," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Hugh Anderson Juga Jadi MotoGP Legend

Tak hanya Lorenzo dan Biaggi, legenda balap asal Selandia Baru, Hugh Anderson juga akan jadi MotoGP Legend. Anderson merupakan empat kali juara dunia, yakni di GP50 1963 dan 1964, serta GP125 1963 dan 1965. Selama berkarier, ia sukses mengoleksi 48 podium dan 25 kemenangan.

"Apa perasaan saya ketika dengar kabar ini? Pertama berpikir: apakah prestasi saya yang relatif biasa saja layak dapat penghargaan ini? Apakah saya akan dan bisa memenuhi undangan ini? Beberapa jam kemudian, saya merasakan sensasi menyenangkan," ujar Anderson.

"Sungguh menyenangkan, setelah semua ini, dunia modern ternyata tak melupakan masa lalunya, dan para rider dari era yang sangat berbeda masih dihargai. Bagian sejarah balap motor masih diakui di level tertinggi. Terima kasih," tutup Anderson.

Nama Lorenzo, Biaggi, dan Anderson akan bersanding dengan Giacomo Agostini, Mick Doohan, Geoff Duke, Wayne Gardner, Mike Hailwood, Daijiro Kato, Eddie Lawson, Anton Mang, Angel Nieto, Wayne Rainey, Phil Read, Jim Redman, Kenny Roberts, Kenny Roberts Jr, Jarno Saarinen, Kevin Schwantz, Barry Sheene, Marco Simoncelli, Freddie Spencer, Casey Stoner, John Surtees, Carlo Ubbiali, Alex Criville, Franco Uncini, Marco Lucchinelli, Randy Mamola, Kork Ballington, Dani Pedrosa, Stefan Dorflinger, Jorge Martinez, dan Nicky Hayden.

KOMENTAR

Wayne Rooney Bersama Derby County Bakal Hadapi Manchester United