BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Surat Terbuka untuk Sahabat: Tito Rabat Yakin Joan Mir Setara dengan Marc Marquez

18-11-2020 15:45 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) AP Photo Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) AP Photo

Bola.net - Selama dua musim terakhir, rider Esponsorama Racing, Tito Rabat, dan rider Suzuki Ecstar, Joan Mir, terlihat sama sekali tak terpisahkan. Sama-sama tinggal di Andorra, kedua rider Spanyol ini jadi sering berlatih bersama. Melihat Mir sukses mengunci gelar MotoGP 2020 di Valencia, Spanyol, Minggu (15/11/2020) lalu, Rabat pun terharu.

Rabat yang merupakan juara dunia Moto2 2014, bahkan menuliskan surat terbuka kepada sang sahabat lewat Marca pada Rabu (18/11/2020). Dalam surat itu, Rabat memberikan ucapan selamat, walau ia sudah melakukannya di trek dan parc ferme usai finis. Rabat pun mengaku bangga bisa menjadi kawan sekaligus rival Mir.

Rider berusia 31 tahun ini mengaku sudah mengenal Mir sejak lama, namun baru jadi teman dekat ketika Mir memutuskan pindah dari Palma de Mallorca ke Andorra, negara yang ditinggali begitu banyak pembalap MotoGP dan WorldSBK. Rabat menyatakan, meski rival di dalam trek, mereka punya prinsip hidup yang sama.

"Kita sepakat soal banyak hal, menyukai hal-hal yang sama dalam hidup dan latihan. Berkat kau, hidupku berubah. Sebelumnya, sehabis latihan, aku berkata, 'Wah, latihan ini tak ada manfaatnya'. Tapi latihan denganmu, aku selalu bilang, 'Sungguh hari yang baik!' Denganmu, hal-hal sulit jadi mudah, entah d motocross atau apa pun," tulisnya.

1 dari 3 halaman

Bangga Pernah Latihan dengan Banyak Juara, Termasuk Joan Mir

View this post on Instagram

A post shared by Tito Rabat (@titorabat)

Rabat juga melempar pujian soal karakter Mir. Ia rasa, Mir orang yang sangat cerdas dan fokus, serta mencintai pekerjaannya. Ia juga menyayangkan bahwa mereka tak bisa bertarung sengit di lintasan, mengingat Mir selalu bertarung di papan atas, sementara Rabat sangat sulit meraih hasil baik akibat banyak kendala teknis.

Rabat, yang uniknya juga sahabat Marc Marquez dalam grup 'Rufea Team', yakin Mir punya level setara dengan sang delapan kali juara dunia. "Aku cukup beruntung pernah berlatih dengan para juara seperti Marc Marquez, Alex Marquez, Julian Simon, dan kau. Sebenarnya, aku sudah pernah latihan dengan semua orang yang ada di grid MotoGP," ujarnya.

"Aku bisa katakan bahwa aku latihan dengan mereka sebelum mereka jadi juara, dan aku tak latihan dengan mereka hanya karena mereka pernah jadi juara. Hal yang sama kualami denganmu, meski kau sudah pernah jadi juara dunia di Moto3. Aku sangat bangga padamu, karena kau memang layak dapat gelar ini," tutur Rabat.

2 dari 3 halaman

Bisa Samai Level Marc Marquez, Atau Bahkan Melebihi

Rabat juga menyatakan, mengingat ia juga sering berlatih dengan Marquez, ia juga jadi paham betul seberapa tinggi level performa Mir. "Aku suka latihan dengan para rider yang kuat, karena itulah jalan pikiranku. Baik dengan Marc maupun denganmu, kita selalu berlatih keras, karena cara itulah yang kita suka," ungkapnya.

"Orang sering tanya padaku apa kau bisa mengalahkan Marc. Aku yakin kau punya level yang sama dengan Marc. Bahkan mungkin bisa lebih baik, walau tergantung banyak hal. Tapi hal-hal itu kaupikirkan pada 2021 dan seterusnya saja. Untuk sekarang, nikmatilah gelar duniamu, karena kau layak mendapatkannya," tutup Rabat.

Sayangnya, masa depan Rabat belumlah jelas. Usai terdepak dari Esponsorama Racing tahun depan dan bakal digantikan Luca Marini, Rabat mengaku menjalani negosiasi dengan Aprilia Racing. Di lain sisi, ia juga punya tawaran dari beberapa tim satelit Ducati di WorldSBK.

Sumber: Marca

3 dari 3 halaman

Video: Highlights Joan Mir, Juara Dunia MotoGP 2020

KOMENTAR