BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Stefan Bradl: Marc Marquez Absen, Kekuatan Para Rider Honda Justru Merata

22-01-2021 13:03 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC

Bola.net - Test rider Honda Racing Corporation (HRC), Stefan Bradl, yakin Marc Marquez akan menghadapi tantangan besar dalam misinya kembali balapan di MotoGP usai cedera patah tulang lengan kanan yang cukup parah. Menurut Bradl, kembalinya Marquez yang merupakan rider andalan Honda, bakal sangat berarti bagi pabrikan Sayap Tunggal.

Di lain sisi, Bradl menyatakan bahwa situasi Honda selama Marquez absen justru jauh lebih baik dari sebelumnya. Walau terlambat panas, Bradl lambat laun juga makin kompetitif di atas RC213V selama ia jadi pengganti sementara Marquez tahun lalu. Hal yang sama juga dialami oleh Alex Marquez dan Takaaki Nakagami.

Sejak Marquez absen, Nakagami dibanjiri perhatian para insinyur HRC, walau ia mengendarai RCV 2019. Hal ini membuatnya mendadak sangat kuat meski belum naik podium. Alex Marquez, yang berstatus debutan, juga sukses dapat dua trofi. Cal Crutchlow, meski kerap cedera, juga menunjukkan performa kuat pada akhir musim.

1 dari 3 halaman

Skuad Honda 2021 Lebih Solid

Test rider Honda, Stefan Bradl (c) HRC Test rider Honda, Stefan Bradl (c) HRC

"Kembali balapan bakal jadi tantangan besar bagi Marc, walau saya percaya ia akan segera bangkit. Namun, sejak ia absen, situasi Honda lebih baik meski Taka pakai mesin 2019, Cal kerap cedera, dan Alex masih debutan. Saya juga tak naik motor balap selama lima bulan sebelum MotoGP Ceko," ujar Bradl via Speedweek, Rabu (20/1/2021).

Juara dunia Moto2 2011 ini yakin Honda juga akan makin kuat pada 2021, mengingat Alex Marquez akan menjalani tahun keduanya di MotoGP, dan akan membela LCR Honda yang tentunya bakal mengurangi bebannya. Nakagami juga akan mendapatkan motor RC213V spek pabrikan terbaru untuk pertama kali.

Tak hanya itu, Honda juga kedatangan Pol Espargaro. "Alex kini punya satu tahun pengalaman. Taka juga akan dapat motor pabrikan 2020 untuk pertama kalinya. Keempat pembalap Honda akan pakai motor yang sama pada awal musim. Pol juga sudah tujuh tahun turun di MotoGP dengan dua pabrikan berbeda," lanjut Bradl.

2 dari 3 halaman

Pol Espargaro Tidak Main-Main

Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Twitter/MotoGP Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Twitter/MotoGP

Sejak memutuskan meninggalkan KTM demi ke Repsol Honda, Espargaro kerap dinilai bakal mengalami penurunan performa. Namun, Bradl punya opini berbeda, apalagi usai melihat rider Spanyol itu tampil sangat kompetitif sepanjang musim lalu dan bahkan berhasil membawa pulang lima podium.

"Pol jelas tak main-main. Ia menduduki peringkat 5 tahun lalu dan akan membawa beberapa informasi dari KTM yang pasti menarik. Kini, ia harus menunjukkan seberapa cepat ia bisa kompetitif di atas Honda. Namun, secara umum, 'armada' Honda dalam situasi yang baik, bahkan lebih baik dari tahun lalu," tutup Bradl.

Seluruh pembalap Honda akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim yang digelar di Sirkuit Losail, Qatar, pada 6-7 dan 10-12 Maret mendatang.

Sumber: Speedweek

3 dari 3 halaman

Video: Franco Morbidelli Menangi MotoGP Teruel, Duet Suzuki Naik Podium Lagi

KOMENTAR