BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Statistik Fabio Quartararo Usai Finis Ketiga MotoGP Jepang

21-10-2019 15:30 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT

Bola.net - Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, sukses tampil menggebrak di MotoGP 2019, yakni musim debutnya di kelas tertinggi. Memulai musim sebagai underdog karena baru pernah meraih satu kemenangan di ajang Grand Prix, kini ia justru dinilai membawa angin segar ke ajang tersebut.

Usai finis kedua di Twin Ring Motegi, Jepang, pada Minggu (20/10/2019), El Diablo sukses meraih podiumnya yang keenam musim ini. Tak hanya itu, ia juga sukses mengunci gelar debutan terbaik 2019 dengan tiga balapan tersisa.

Konsisten bertarung di papan atas sepanjang tahun, uniknya Quartararo justru satu-satunya rider Yamaha tak punya motor YZR-M1 spek pabrikan. Banyak pihak yakin ia akan makin garang ketika benar-benar mendapatkan M1 spek pabrikan.

Usai menjalani balapan di Motegi, rider berusia 20 tahun itu pun punya catatan statistik yang unik. Apa saja sih? Simak yang berikut ini ya, Bolaneters!

1 dari 2 halaman

Samai Raihan Johann Zarco

- Ini adalah podium keenam Quartararo di MotoGP, menyamai prestasi rekan senegaranya, Johann Zarco, saat membela Monster Yamaha Tech 3 pada 2017 dan 2018. Ia juga menyamai rekor Ben Spies, yag membela Yamaha pada 2010-2012.

- Ini adalah podium Quartararo yang ke-10 di sepanjang kiprahnya di ajang Grand Prix, yang salah satunya adalah kemenangan di Moto2 Catalunya, Spanyol tahun lalu. Podium perdananya terjadi Moto3 Austin, Texas, 2015.

- Quartararo pun berhasil mempersembahkan podium ke-60 bagi Prancis di ajang Grand Prix.

2 dari 2 halaman

6 Podium, 6 Kali Buntuti Marquez

- Dari 6 podium yang ia raih di MotoGP, 4 di antaranya hasil finis kedua, yang seluruhnya ia raih di belakang rider Repsol Honda, Marc Marquez. Saat ia finis ketiga pun, Quartararo juga finis di belakang Marquez, yang finis kedua di Assen dan Silverstone.

- Dengan gelar debutan terbaik musim ini, Quartararo berhasil mengikuti jejak Zarco, yang meraih gelar yang sama pada 2017 lalu. Saat itu, Zarco duduk di peringkat keenam pada klasemen pebalap, peringkat yang juga tengah duduki Quartararo saat ini.

- Quartararo menjadi debutan kedua setelah Marc Marquez (2013), yang mampu melampaui raihan poin Valentino Rossi di klasemen pebalap selama The Doctor turun di kelas tertinggi.

KOMENTAR

Maria Ozawa Dukung Timnas Indonesia U-22 Saat Hadapi Thailand