BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Start Terbuncit Lalu Finis Kedua, Max Verstappen: Podium dari Antah Berantah

27-09-2021 13:36 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Red Bull Racing Honda, Max Verstappen (c) AP Photo
Pembalap Red Bull Racing Honda, Max Verstappen (c) AP Photo

Bola.net - Pembalap Red Bull Racing Honda, Max Verstappen, mengaku terkejut bisa finis kedua dalam Formula 1 GP Rusia di Sirkuit Sochi, Minggu (26/9/2021). Kepada Crash.net, Verstappen menyebut podium tersebut datang dari 'antah berantah', mengingat balapan itu diguyur hujan dalam tujuh lap terakhir.

Verstappen diketahui dihukum start terbuncit, alias dari posisi 20, usai terpaksa mengganti power unit-nya. Ia pun mampu memperbaiki posisi, bahkan mendekati rival terkuatnya dalam perebutan gelar dunia, Lewis Hamilton, pada pertengahan balap, sebelum terjebak di belakang beberapa pembalap setelah fase pit stop.

Pembalap asal Belanda ini pun berada di posisi ketujuh ketika hujan mulai turun dan akhirnya memutuskan untuk pit stop dan berganti ke ban intermediate. Saat keluar dari pitlane, ia pun berhasil mendahului banyak pembalap seperti Lando Norris, Charles Leclerc, dan tandemnya sendiri, Sergio Perez.

1 dari 2 halaman

Sulit Percaya Bisa Finis Kedua

Pembalap Red Bull Racing Honda, Max Verstappen (c) AP Photo
Pembalap Red Bull Racing Honda, Max Verstappen (c) AP Photo

Verstappen pun tak menyangka bisa meraih hasil ini, tapi mengakui ini juga berkat kerja sama yang solid dengan timnya. "Podium ini datang dari antah berantah. Kami mengambil keputusan tepat untuk mengganti ban kering ke intermediate. Tim terus bertanya pada saya, 'bagaimana kondisinya, apa yang ingin kaulakukan?'" kisahnya.

"Pada suatu titik sungguh mengecoh untuk berkendara. Saya pun bilang, 'oke, mari kita pit stop sekarang' dan itu keputusan tepat. Tentu saya super senang bisa finis kedua usai start terbuncit. Jika pagi ini ada orang yang bilang saya bakal finis kedua, saya jelas takkan percaya," lanjut pembalap berusia 23 tahun ini.

Verstappen mengaku dirinya tak punya niatan untuk mengikuti jejak Lando Norris, yang sempat nekat tak melakukan pit stop sampai balapan menyisakan dua lap. Ia menyatakan dirinya akan tetap pit stop andai berada di posisi lebih tinggi daripada ketujuh saat hujan turun.

2 dari 2 halaman

Ragu Bakal Menang Andai Start dari Depan

"Saya tentu lebih pilih posisi yang lebih baik. Tapi kami mungkin akan tetap ambil keputusan yang sama. Lagipula, ketika Anda tak punya grip pada suatu titik, maka Anda harus pit stop. Perbedaannya takkan terlalu besar," ungkap Verstappen.

Meski begitu, anak dari eks pembalap F1 Jos Verstappen ini juga menyatakan, andaipun ia start dari posisi empat besar dalam balapan ini, kemungkinan besar ia akan tetap finis kedua dan sulit merebut kemenangan.

"Saya rasa kalaupun kami start dari depan, posisi 3 atau 4, mungkin ini tetap hasil terbaik yang bisa kami raih. Kami tak terlalu rugi, dan jelas merupakan bonus besar bisa pakai mesin baru meski start dari belakang. Saya pun tak sabar menanti balapan berikutnya," tutup Verstappen.

Sumber: Crashnet

KOMENTAR