BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Start Ke-12, Enea Bastianini Kaget Raih Podium Perdana di MotoGP Misano

21-09-2021 10:42 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Avintia Esponsorama, Enea Bastianini (c) Esponsorama Racing
Pembalap Avintia Esponsorama, Enea Bastianini (c) Esponsorama Racing

Bola.net - Pembalap Avintia Esponsorama, Enea Bastianini, kaget bisa finis ketiga dan naik podium dalam MotoGP San Marino di Misano pada Minggu (19/9/2021). Pasalnya, tak hanya mengendarai Desmosedici GP19 yang berusia dua tahun, ia juga start dari posisi 12. Hal tersebut ia sampaikan via Crash.net.

Bastianini memang menunjukkan performa garang dalam beberapa seri terakhir. Pada lap pertama balapan kali ini, ia pun langsung merangsek ke posisi 9, lalu naik ke posisi keempat dalam lima lap saja, usai menyalip Alex Rins, Pol Espargaro, Aleix Espargaro, dan Marc Marquez, serta terbantu oleh jatuhnya Jorge Martin.

Bastianini pun harus berkendara sendirian selama berlap-lap lamanya. Namun, pada Lap 16 dan 17, ia tampil lebih panas, mencetak lap tercepat. Tahu-tahu, ia menyalip Jack Miller pada Lap 19 dan naik ke posisi ketiga. Ia juga sempat mendekati Pecco Bagnaia dan Fabio Quartararo di lap-lap terakhir, namun ban belakang lunaknya aus.

1 dari 2 halaman

Podium Perdana Terasa Spesial

Enea Bastianini dan Marc Marquez (c) Esponsorama Racing
Enea Bastianini dan Marc Marquez (c) Esponsorama Racing

"Podium perdana di MotoGP sangatlah spesial. Hari ini sensasi saya di atas motor sangat menyenangkan, hingga memungkinkan bagi saya untuk terus tampil ngotot, terutama pada pertengahan balapan. Usai menyalip Jack, saya melihat posisi ketiga dan saya sangat bahagia," ujar Bastianini.

"Pada akhirnya, dalam enam lap terakhir, saya berusaha keras memangkas margin dari Pecco dan Fabio, namun ban depan saya sedikit drop karena saya kelewat ngotot pada pertengahan balap," lanjut juara dunia Moto2 2020 tersebut.

Uniknya, Bastianini yakin bakal punya konsistensi ritme yang apik, namun tak menyangka kekuatannya ini justru cukup mengantarnya ke podium. Ini tak hanya podium perdananya di MotoGP, melainkan juga podium kedua Esponsorama usai finis kedua di Seri Ceko 2020 lewat Johann Zarco.

2 dari 2 halaman

Senang Belajar dari Marquez dan Miller

"Saya percaya diri bisa menjalani balapan yang sangat menyenangkan, namun tak mengira bakal naik podium, karena saya start ke-12. Namun, saat naik ke posisi 6, kemudian 5, saya berpikir, 'oke, ini adalah hariku'. Akhirnya, podium pun datang," ungkap pembalap berjuluk 'Bestia' ini.

Pembalap berusia 23 tahun ini pun mengaku tak hanya senang karena berhasil naik podium, melainkan juga senang karena dapat kesempatan belajar dari para seniornya, terutama saat ia berduel dengan Marquez dan Miller.

"Hari ini saya banyak belajar dari para pembalap lainnya. Rasanya menyenangkan bisa menyalip Marc dan Jack di pengereman. Namun, saya rasa saya juga telah belajar lebih banyak soal motor kami sepanjang pekan balap ini, begitu juga di Aragon, saat tak ada rider di depan saya," tutup Bastianini.

Sumber: Crashnet

KOMENTAR