BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Silly Season Tak Kalah Seru dari MotoGP, Ini Daftar Rider Moto2 dan Moto3 2021

20-10-2020 16:00 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Sky Racing VR46, Marco Bezzecchi (c) Twitter/Sky Racing VR46 Pembalap Sky Racing VR46, Marco Bezzecchi (c) Twitter/Sky Racing VR46

Bola.net - Bukan kelas MotoGP saja yang sudah sudah ramai membicarakan silly season, melainkan juga Moto2 dan Moto3. Ketika tempat-tempat di kelas para raja sudah nyaris terisi semua, Moto2 dan Moto3 baru melangsungkan berbagai negosiasi.

Meski merupakan kelas-kelas junior, perpindahan pembalap di Moto2 dan Moto3 juga tak kalah menarik untuk diikuti. Kelas Moto2 bahkan diwarnai oleh banyak kejutan, seperti Barry Baltus, yang baru berusia 16 tahun dan baru setahun turun di Moto3, sudah digaet oleh NTS RW Racing untuk 2021.

Luca Marini yang kini masih membela Sky Racing VR46, sangat santer dikabarkan bakal naik ke MotoGP, dan isunya akan digantikan oleh tandemnya di Moto3, Celestino Vietti. Marco Bezzecchi sendiri sudah resmi dipastikan bakal bertahan di tim tersebut.

1 dari 5 halaman

Opsi ke MotoGP, Anak Didik Lorenzo, dan Kembalinya Beaubier

Pembalap Speed Up Racing, Fabio di Giannantonio (c) Facebook/Speed Up Racing Pembalap Speed Up Racing, Fabio di Giannantonio (c) Facebook/Speed Up Racing

Gresini juga memastikan bertahannya Nicolo Bulega, dan akan 'reuni' dengan Fabio di Giannantonio. 'Diggia' sempat membela tim ini di Moto3 2018 dan akhirnya hengkang dari Speed Up Racing demi kembali ke Gresini tahun depan, dan kabarnya mendapatkan opsi turun di MotoGP 2022 bersama Aprilia Racing.

Intact GP juga telah mengumumkan bertahannya Marcel Schrotter, dan rider Jerman ini akan bertandem dengan rider muda yang saat ini masih membela Rivacold Snipers Team dan merupakan 'anak didik' Jorge Lorenzo, Tony Arbolino.

Kabar mengejutkan juga datang dari rider Amerika Serikat, Joe Roberts, yang hengkang dari American Racing menuju Italtrans Racing, menggantikan Enea Bastianini yang akan naik ke MotoGP. Posisi Roberts kabarnya akan digantikan Cameron Beaubier, lima kali juara MotoAmerica dan eks tandem Marc Marquez di GP125 2008.

2 dari 5 halaman

Stefano Manzi-Lorenzo Baldassarri Tukar Tempat

Pebalap Flexbox HP 40, Lorenzo Baldassarri (c) Pons Racing Pebalap Flexbox HP 40, Lorenzo Baldassarri (c) Pons Racing

Pons Racing juga memastikan bahwa Hector Garzo akan bertahan, dan akan bertandem dengan anggota VR46 Riders Academy, Stefano Manzi. Manzi pun bertukar tempat dengan eks anggota VR46, Lorenzo Baldassarri, yang akan kembali ke MV Agusta Forward Racing.

Puas dengan performa kedua ridernya musim ini, Estrella Galicia 0,0 Marc VDS pun mempertahankan Sam Lowes dan Augusto Fernandez. Di lain sisi, Aspar Team telah resmi mempromosikan ridernya sendiri di Moto3, Albert Arenas, ke Moto2 musim depan, kabarnya menggantikan posisi Hafizh Syahrin.

Thomas Luthi pun dipastikan hengkang dari Intact GP, menuju SAG Team untuk menggantikan Remy Gardner yang bakal membela Red Bull KTM Ajo dengan tujuan naik ke MotoGP pada 2022. Xavi Vierge juga tetap membela Petronas Sprinta Racing, bertandem dengan salah satu di antara Jake Dixon dan John McPhee.

3 dari 5 halaman

Pergerakan di Moto3

Razlan Razali, Darryn Binder, Johan Stigefelt (c) SRT Razlan Razali, Darryn Binder, Johan Stigefelt (c) SRT

Red Bull KTM Tech 3 dipastikan mempertahankan Ayumu Sasaki dan Deniz Oncu, sementara Red Bull KTM Ajo hanya mempertahankan Raul Fernandez, dan menggaet Jaume Masia yang digantikan oleh Xavi Artigas di Leopard Racing. KTM Ajo pun melepas Kaito Toba ke CIP Moto Team.

Toba menggantikan Darryn Binder, adik Brad Binder, yang mencuri perhatian karena bakal membela Petronas Sprinta Racing. Di lain sisi, SIC58 Squadra Corse sepakat untuk mempertahankan Tatsuki Suzuki, yang sudah dianggap seperti anak sendiri oleh Paolo Simoncelli, ayah mendiang Marco Simoncelli.

PrustrelGP juga dipastikan bakal mempertahankan Jason Duspaquier, sementara Andrea Migno pindah ke Snipers Team untuk menggantikan Arbolino. Dengan begitu, Sky Racing VR46 bisa jadi tak memiliki pembalap untuk musim 2021, karena tak ada lagi anggota VR46 Riders Academy yang bisa diturunkan di sana.

Berikut daftar sementara peserta Moto2 dan Moto3 2021.

4 dari 5 halaman

Daftar Peserta Moto2 dan Moto3 2021

PEMBALAP MOTO2 2021

  • NTS RW Racing: Barry Baltus*
  • Pons Racing: Stefano Manzo dan Hector Garzo
  • Sky Racing VR46: Marco Bezzecchi (kandidat rider kedua: Celestino Vietti)
  • Gresini Racing: Nicolo Bulega dan Fabio di Giannantonio
  • Intact GP: Marcel Schrotter dan Tony Arbolino*
  • Italtrans Racing: Joe Roberts
  • EG 0,0 Marc VDS: Sam Lowes dan Augusto Fernandez
  • MV Agusta Forward Racing: Lorenzo Baldassarri (kandidat rider kedua: John McPhee)
  • Aspar Team: Albert Arenas*
  • Red Bull KTM Ajo: Remy Gardner
  • SAG Team: Thomas Luthi
  • Petronas Sprinta Racing: Xavi Vierge (kandidat rider kedua: Jake Dixon, John McPhee)

Tim yang belum menentukan pembalap: Speed Up Racing, American Racing, Honda Team Asia

PEMBALAP MOTO3 2021

  • Gresini Racing: Jeremy Alcoba
  • Leopard Racing: Xavi Artigas*
  • Snipers Team: Andrea Migno
  • Petronas Sprinta Racing: Darryn Binder
  • SIC58 Squadra Corse: Tatsuki Suzuki
  • Red Bull KTM Ajo: Raul Fernandez dan Jaume Masia
  • CIP Moto Team: Kaito Toba
  • Red Bull KTM Tech 3: Ayumu Sasaki dan Deniz Oncu
  • PrustelGP: Jason Duspaquier

Tim yang belum menentukan pembalap: Estrella Galicia 0,0, BOE Racing Team, Sky Racing VR46, Max Racing Team, Aspar Team, Honda Team Asia, Avintia Esponsorama

*) debutan

5 dari 5 halaman

Video: Alex Rins Menangi MotoGP Aragon 2020

KOMENTAR