BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Siapakah Pebalap Paling 'Gentleman' di MotoGP?

13-12-2019 13:05 | Anindhya Danartikanya

MotoGP Belanda 2019 (c) Yamaha MotoGP Belanda 2019 (c) Yamaha

Bola.net - Baru-baru ini, MotoGP merilis wawancara unik dengan para ridernya melalui YouTube, yang videonya dirilis pada Rabu (11/12/2019). Dalam video yang berdurasi sekitar 3 menit tersebut, sejumlah pebalap disodori pertanyaan tak biasa: siapakah pebalap paling 'gentleman'?

Persaingan di MotoGP memang sangat sengit. Selain saling berebut kemenangan dan posisi finis terbaik, mereka juga kerap mengalami kontak di lintasan. Rivalitas ini kadang bahkan menjalar sampai hubungan mereka di luar lintasan, beberapa di antaranya bahkan kerap cekcok.

Meski begitu, ada pula beberapa pebalap yang justru saling bersahabat, seperti Jack Miller dan Cal Crutchlow. Namun ketika ditanya soal siapa pebalap yang paling ramah dan baik hati di lintasan, apakah yang jadi jawaban mereka? Simak yang berikut ini ya, Bolaneters!

1 dari 5 halaman

Jawaban Kocak Hafizh Syahrin

Hafizh Syahrin (c) KTM/Sebas Romero Hafizh Syahrin (c) KTM/Sebas Romero

"Saya rasa rider paling 'gentleman' mungkin Nicky. Nicky itu orang baik. Pada 2015, kami sering bersaing sengit," ujar Jack Miller, yang memang dikenal memiliki hubungan baik dengan mendiang juara dunia MotoGP 2006, Nicky Hayden.

"Pebalap paling 'gentleman'? Tidak ada," jawab Danilo Petrucci sembari tertawa. Uniknya, Petrux justru bersahabat erat dengan Andrea Dovizioso, bahkan ia mendedikasikan kemenangannya di Mugello untuk tandemnya tersebut.

"Paling 'gentleman'?" tanya Hafizh Syahrin, yang kemudian berpikir sejenak sebelum memberi jawaban kocak, "Saya rasa saya sendiri!" ujar pebalap asal Malaysia ini sembari terbahak.

"Pebalap paling 'gentleman', saya rasa jawabannya bisa jadi Valentino berkat caranya menyalip. Ketika menyalip Anda, ia sekadar menyalip, dan tidak agresif. Jadi menurut saya, Valentino lah orangnya," tutur Pol Espargaro.

2 dari 5 halaman

Sekadar Saling Menghormati

Pebalap Aprilia Gresini, Andrea Iannone (c) Aprilia Racing Pebalap Aprilia Gresini, Andrea Iannone (c) Aprilia Racing

"Saya rasa tak ada pebalap yang 'gentleman' di trek," ungkap Marc Marquez sambil tertawa. "Maksud saya, para rival pasti ingin mengalahkan Anda, tapi jika saya harus memilih satu orang... Entahlah. Saya akan tetap berkata tak ada, karena semuanya adalah rival."

"Ah, kami tak punya pebalap 'gentleman' di trek," tutur Andrea Iannone. "Jadi tidak ada. Jika Anda balapan di MotoGP, maka jawabannya tidak ada! Tapi ini hal yang normal. Kami saling menghormati, tapi saling bersikap 'gentleman'? Saya rasa tidak."

Joan Mir sendiri langsung tertawa ketika disodori pertanyaan yang sama. "Pebalap 'gentleman' itu tidak ada di dunia ini! Entahlah! Saya rasa tak seorang pun," ungkapnya.

3 dari 5 halaman

Jawaban Tak Terduga dari Lorenzo

Pebalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo (c) AP Photo Pebalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo (c) AP Photo

"Saya rasa..." ujar Karel Abraham, yang kemudian merasa ogah-ogahan menjawab dan memutar bola mata. "Saya rasa pebalap paling 'gentleman', jika saya memang harus memilih satu orang, maka mungkin Takaaki Nakagami. Ia cukup baik hati di trek."

Jawaban yang unik pun dilontarkan Jorge Lorenzo, yang justru menyebutkan nama dua musuh bebuyutannya sejak masih anak-anak. "Andrea Doviziozo dan Dani Pedrosa. Saya rasa mereka cukup 'gentleman'," tuturnya.

Cal Crutchlow juga tampak berpikir keras sebelum menjawab, "Saya bisa katakan bahwa rider paling 'gentleman' adalah Jorge Lorenzo. Sudah jelas, karena saya pernah mengendarai Yamaha bersamanya."

4 dari 5 halaman

Bahkan Adik Sendiri Bukan 'Gentleman'

Pebalap Red Bull KTM Ajo, Brad Binder (c) KTM/Gold and Goose Pebalap Red Bull KTM Ajo, Brad Binder (c) KTM/Gold and Goose

Brad Binder lebih kesulitan lagi memberi jawaban. Ia bahkan seolah berpikir bahwa ini pertanyaan yang konyol. "Hei, ini pertanyaan yang sulit! Tak ada pebalap yang benar-benar 'gentleman' di trek. Saya benar-benar tak bisa menyebutkan satu nama. Yang jelas bukan saya. Dan bukan adik saya (Darryn Binder)! Oh, entahlah!" tuturnya.

"Entahlah. 'Gentleman'? Saya rasa tak ada pebalap yang 'gentleman'! Hehehe. Tak seorang pun!" ujar Maverick Vinales sembari menggelengkan kepala dan tergelak.

Valentino Rossi pun menjadi pebalap terakhir yang diberi pertanyaan ini, dan ia tampak berpikir menemukan jawaban, namun akhirnya berkata, "Tidak ada!" sambil terbahak-bahak, "'Gentleman'? Saya tak ingat ada pebalap yang seperti itu!"

5 dari 5 halaman

Hasil 'voting' pebalap paling 'gentleman' di MotoGP

  • Nicky Hayden: 1 suara
  • Hafizh Syahrin: 1 suara
  • Valentino Rossi: 1 suara
  • Takaaki Nakagami: 1 suara
  • Andrea Dovizioso: 1 suara
  • Dani Pedrosa: 1 suara
  • Jorge Lorenzo: 1 suara
  • Tak seorang pun: 7 suara

Berikut versi pendek video pengakuan para rider MotoGP di atas yang dirilis via Twitter.

KOMENTAR