Siapa Saja yang Layak Gantikan Johann Zarco di KTM 2020?

Anindhya Danartikanya | 20 September 2019, 14:00
Johann Zarco (c) KTM/Gold and Goose
Johann Zarco (c) KTM/Gold and Goose

Bola.net - Johann Zarco resmi terdepak dari KTM musim depan. Bahkan ia takkan lagi turun lintasan bersama Red Bull KTM Factory Racing di enam seri tersisa MotoGP musim ini. Keputusan ini diumumkan KTM pada Selasa (17/9/2019), usai ia finis ke-11 di Misano.

Test rider KTM, Mika Kallio, ditunjuk sebagai penggantinya di sisa musim ini. Dengan begitu, KTM bisa lebih leluasa mengembangkan RC16 versi 2020 berikut segala perangkat barunya, yang jelas harus dirahasiakan dari Zarco karena rider Prancis itu takkan lagi membela mereka musim depan.

Meski begitu, pertanyaan terbesar adalah, siapa yang akan menggantikan posisi Zarco semusim penuh di MotoGP tahun depan? Akibat nyaris semua rider telah terikat kontrak dengan tim lain, opsi KTM pun sangat tipis.

Ada tiga pebalap yang punya potensi sama besar untuk mengambil alih posisi Zarco. Siapa saja mereka? Simak yang berikut ini yuk, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Miguel Oliveira

Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira (c) KTM/Philip Platzer

Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira (c) KTM/Philip Platzer

Saat ini, Oliveira masih berstatus debutan, dan tengah membela tim satelit KTM, Red Bull KTM Tech 3. Meski begitu, ia merupakan satu-satunya rider yang beradaptasi paling mulus dengan RC16. Hal ini ia buktikan lewat hasil finis kedelapan di Red Bull Ring, Austria.

Tadinya, Oliveira hanya memiliki kontrak setahun dengan KTM, namun kontrak ini diperpanjang di Jerez, Spanyol, Mei lalu usai tampil baik di tiga seri pertama musim ini. Kini peluang membela tim pabrikan ada di depan mata, dan rider Portugal berusia 24 tahun ini mengaku takkan menolak jika KTM memintanya menggantikan Zarco.

"Jelas bahwa saat ini, selain saya, tak ada rider lain yang jelas-jelas bisa membela tim pabrikan, tapi ini bukan keputusan saya. Kontrak saya terikat dengan KTM, jadi apa pun keputusan mereka, saya tak bisa melawan. Saya tak melihat alasan untuk menolak. Jadi jika saya dapat tawaran, saya akan menerima," ujarnya via Crash.net.

2 dari 3 halaman

Bradley Smith

Usai tampil baik bersama Monster Yamaha Tech 3 pada 2015 dan 2016, Smith merupakan rider pertama yang didekati oleh KTM untuk bergabung dengan proyek mereka pada 2017. Pengetahuan teknisnya dinilai sangat berharga untuk pengembangan RC16. Ia pula yang ikut merayu Pol Espargaro untuk bergabung.

Sayangnya, hasil Smith pada 2017-2018 justru berada di bawah bayang-bayang Espargaro, hingga ia terdepak dan digantikan Zarco sejak awal musim ini. Kini rider Inggris itu tengah menjadi test rider Aprilia Racing, namun blak-blakan mengaku kepada Autosport bahwa ia sedang melakukan diskusi dengan KTM.

"Saya tahu saya ada dalam daftar mereka. KTM tahu saya ingin kembali. Saat saya pergi akhir tahun lalu, target saya adalah kembali pada 2020 dan peluang itu belum sirna. Dua bulan lalu, peluang saya sangat kecil, sementara sekarang jauh lebih besar. Tapi saya tak fokus pada hal ini karena ini bukan realita. Sebelum ini jadi realita, saya takkan ngotot dan memikirkannya," ujar Smith.

3 dari 3 halaman

Mika Kallio

Kallio telah menjadi test rider KTM sejak 2016 dan merupakan salah satu sosok penting dalam pengembangan RC16. Selama memegang jabatan ini, ia juga telah menjalani tujuh balapan sebagai rider wildcard. Selama berkarier di Grand Prix, Kallio merupakan salah satu rider menjanjikan, menjadi runner up GP125 2005-2006 serta Moto2 2014.

Manajer Red Bull KTM Factory Racing, Mike Leitner, tak menutup-nutupi bahwa rider Finlandia itu merupakan salah satu kandidat pengganti Zarco musim depan. Hal ini disampaikan Leitner kepada Crash.net di Motorland Aragon, Spanyol, Kamis (19/9/2019). Ia bahkan menyebut Kallio punya peluang terbesar.

"Mika kembali karena ia salah satu kandidat untuk membela kami semusim penuh pada 2020. Saat ini kami belum menyerahkan nama-nama kandidat, tapi peluang terbesar untuk 2020 adalah Mika, karena usai 2020 semua kontrak untuk dua tahun berikutnya akan mulai didiskusikan dan semua rider tersedia untuk semua tim," ungkap Leitner.

Nah, siapa nih yang layak jadi pengganti Zarco musim depan? Kita tunggu perkembangannya ya, Bolaneters!

Sumber: Crash.net/Autosport

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR