Siap Pimpin MotoGP, Fabio Quartararo Ingin Jadi Sehebat Rossi dan Marquez

Anindhya Danartikanya | 6 April 2022, 11:20
Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP
Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP

Bola.net - Fabio Quartararo tak puas hanya jadi juara dunia MotoGP 2021. Dalam wawancaranya dengan Diario AS, ia mengaku ingin meraih lebih banyak gelar dan menjadi sehebat Valentino Rossi dan Marc Marquez yang masing-masing merupakan sembilan dan delapan kali juara dunia.


Rider Monster Energy Yamaha ini diketahui telah mengidolakan Rossi sejak anak-anak, dan uniknya mereka memiliki karakter yang cukup mirip, yakni sama-sama ceria, humoris, dan supel. El Diablo bahkan sukses mengikuti jejak The Doctor dengan menjadi juara dunia di kelas premier.

Di lain sisi, Quartararo juga sudah mengenal Marquez dengan baik sejak masih kecil, dan kerap mendapatkan banyak saran berkendara dari rider Repsol Honda itu. Alhasil, Rossi dan Marquez pun menjadi panutan Quartararo sehingga kini ia bisa menjadi rider papan atas MotoGP.

1 dari 2 halaman

Siap Ambil Alih Peran Rossi dan Marquez

Valentino Rossi dan Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP

Sayangnya, Rossi kini sudah pensiun, dan Marquez kerap absen akibat cedera. Untuk pertama kalinya sejak lebih dari dua dekade lalu, MotoGP tak memiliki rider 'pemimpin' yang pasti. Quartararo mengaku siap mengambil alih peran itu, walau paham betul bahwa menjadi sehebat Rossi atau Marquez bukan misi mudah.

"Saya siap meneruskan peran itu, karena itulah target saya, yakni menjadi pemimpin di MotoGP. Target saya tak hanya meraih satu gelar, namun meraih gelar sebanyak-banyaknya. Itulah tujuan saya dan semua tergantung saya sendiri apakah saya mau mengambil peran itu," ungkap rider Prancis berusia 22 tahun ini.

"Namun, itu juga akan jadi beban baik di dalam maupun luar trek. Punya mentalitas seperti Marc dan Vale sangatlah sulit, karena jika Anda finis kelima, maka itu hasil buruk. Anda harus tahu cara adaptasi pada tekanan, dan saya ingin jadi sehebat mereka. Saya harus siap memegang tanggung jawab itu," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Ingin Contek Kekuatan Rossi dan Marquez

Marc Marquez dan Fabio Quartararo (c) Honda Racing Corporation

Tahun 2022 merupakan tahun keempat Quartararo berlaga di MotoGP, dan ia tahu benar dirinya masih punya banyak hal untuk dipelajari dan dipahami agar bisa meraih level Rossi dan Marquez. Ia pun menyebutkan kekuatan apa yang ingin ia contoh dari kedua rider tersebut.

"Pengalaman segudang Vale dan kemampuan Marc beradaptasi dengan segala kondisi. Itulah kekurangan saya, karena kalau soal kecepatan, saya sudah punya. Ada beberapa hal kecil yang bisa bikin perbedaan di MotoGP. Selain itu, karakter saya sudah berubah selama dua tahun terakhir, kini lebih tenang dan percaya diri," tutupnya.

Menjelang MotoGP Austin di Circuit of The Americas, Texas, Amerika Serikat, pada 8-10 April 2022, Quartararo baru meraih satu podium, yakni usai finis kedua di Mandalika. Saat ini ia berada di peringkat kelima pada klasemen pembalap dengan koleksi 35 poin.

Sumber: Diario AS

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR