'Seperti Debutan MotoGP Lainnya, Alex Marquez Harus Belajar'

Anindhya Danartikanya | 26 Desember 2019, 16:35
Pebalap Repsol Honda, Alex Marquez (c) HRC
Pebalap Repsol Honda, Alex Marquez (c) HRC

Bola.net - Legenda MotoGP, Giacomo Agostini, yakin Alex Marquez sama seperti debutan lainnya, yakni punya tugas menggali banyak pelajaran dan pengalaman sepanjang musim depan. Menurutnya, Alex tak perlu terbebani oleh fakta bahwa ia merupakan adik Marc Marquez.


Agostini menyatakan bahwa semua debutan punya beban sekaligus ambisi yang sama, dan Alex tak perlu terlalu mengingat-ingat bahwa dirinya merupakan dua kali juara dunia. Menurut 15 kali juara dunia, rider anyar Repsol Honda itu hanya harus fokus pada dirinya sendiri.

"Anda harus ingat, hal macam ini terjadi pada semua debutan. Dalam debutnya, seorang pebalap harus belajar. Alex tak boleh terobsesi pada fakta bahwa kakaknya sangat cepat dan meraih banyak kesuksesan," ungkap Agostini kepada Marca.

1 dari 2 halaman

Jangan Dengarkan Orang Lain

Pria asal Italia ini juga menyatakan Alex tak perlu kepikiran soal hasilnya dalam uji coba pascamusim di Valencia dan Jerez pada November lalu, di mana ia duduk di posisi 22 dan 17. Agostini yakin Alex akan dapat banyak nasihat dari Marc.

"Alex juga tak boleh mendengarkan orang-orang yang berkata padanya bahwa Marc lebih cepat tiga detik. Alex harus fokus belajar. Toh ia pasti bakal memetik banyak pelajaran karena Marc akan membantunya," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Wajar Saja Jika Tertinggal

Agostini juga mengimbau awak media untuk tak membanding-bandingkan Alex dengan Marc, mengingat Alex pasti bakal butuh waktu untuk beradaptasi dengan karakter motor MotoGP, terutama RC213V.

"Saya sudah lihat di beberapa uji coba. Media massa menekankan bahwa Marc lebih cepat tiga detik darinya. Padahal ini wajar-wajar saja. Alex akan menghadapi juara dunia hebat, yang kebetulan kakaknya sendiri," tutupnya.

Sebagai debutan, Alex diperbolehkan turun lintasan dalam uji coba shakedown MotoGP Sepang, Malaysia, pada 2-4 Februari 2020 mendatang, lalu bergabung dengan para rider yang lebih senior pada 7-9 Februari.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR