BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Sepang Racing Team Berubah Jadi RNF Racing, Tetap di MotoGP Sampai 2026

18-09-2021 14:49 | Anindhya Danartikanya

Team Principal Petronas Yamaha SRT, Razlan Razali (c) YouTube/Petronas SRT
Team Principal Petronas Yamaha SRT, Razlan Razali (c) YouTube/Petronas SRT

Bola.net - Resmi sudah, Sepang Racing Team (SRT) yang musim ini berkompetisi di MotoGP dengan nama Petronas Yamaha SRT, akan berubah nama menjadi RNF MotoGP Racing, atau yang lebih dikenal dengan nama RNF Racing. Hal ini diumumkan oleh sang team principal, Razlan Razali, dan Dorna Sports lewat MotoGP.com, Jumat (17/9/2021).

SRT turun di Grand Prix sejak 2014 lewat Moto2 dengan nama SIC Racing Team, sebagai tim milik Sirkuit Sepang di Malaysia. Pada 2015, tim ini pun mundur dari Moto2 dan pindah ke Moto3 pada 2015. Namun, pada 2018, mereka kembali mengembangkan sayap ke Moto2. Kedua tim dinamai Petronas Sprinta Racing.

Pada 2019, SIC Racing Team berubah jadi Sepang Racing Team, bahkan berekspansi ke MotoGP dengan nama Petronas Yamaha SRT. Tiga tahun berlaga di kelas para raja, tim ini mengoleksi 12 pole, 16 podium, dan 6 kemenangan yang diraih lewat Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. Morbidelli bahkan jadi runner up 2020.

1 dari 2 halaman

Naungi Dovizioso, Kemungkinan Juga Binder

Masa depan SRT mendadak tak jelas pertengahan musim 2021, usai Petronas memutuskan mundur dari perannya sebagai sponsor utama. Begitu pula Sirkuit Sepang yang mengundurkan diri dari peran sebagai pemilik tim. Hal ini bahkan memengaruhi skuad mereka di Moto3 dan Moto2, yang terpaksa gulung tikar tahun depan.

Razali akhirnya memutuskan mengambil kepemilikan tim, mengubahnya jadi RNF Racing, meski belum mengumumkan siapa yang akan jadi sponsor utama. Tak diketahui apa makna dari nama RNF Racing, namun yang jelas tim ini juga telah memperpanjang kontrak dengan Dorna untuk berlaga di MotoGP sampai 2026.

Dipastikan tetap jadi tim satelit Yamaha, tim ini akan menaungi Andrea Dovizioso, yang kontraknya terikat langsung dengan Yamaha. Tim ini belum mengumumkan siapa yang akan jadi rider kedua mereka, namun santer dikabarkan bahwa Darryn Binder merupakan kandidat utamanya. Berikut pernyataan resmi Razlan Razali.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Resmi Razlan Razali

"Beberapa bulan terakhir, kami mengerahkan segala usaha untuk reset, rebrand, dan relaunch dengan tim MotoGP yang baru dan lebih kuat. Saya berterima kasih kepada Carmelo (Ezpeleta, CEO Dorna Sports) atas kepercayaan yang ia berikan kepada saya demi memulai bab kedua dengan tim yang baru ini dan berkompetisi di MotoGP selama lima tahun ke depan.

"Untuk musim depan, dengan entitas baru dari RNF MotoGP Racing, tim kami akan meneruskan jejak yang terbukti sukses sebelumnya. Ekspektasi bakal tinggi dan kami akan bekerja keras demi menemui aspirasi-aspirasi ini. Bermodal pengalaman yang sudah kami kantongi, begitu banyak prestasi yang kami raih pada masa lalu, kami menatap musim 2022 dengan tim yang jauh lebih kuat."

Sumber: MotoGP

KOMENTAR